Kadisdik Sumut Tinjau SMK Terdampak Longsor di Tapteng

Keterangan foto kadisdik Sumut didampangi cabdis Sibolga saat meninjau SMK yg terdampak longsor.
Bagikan :

Tapteng – Kliktodaynews.com|| Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Asren Nasution meninjau lokasi longsor di komplek SMK Negeri 1 Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Rabu (25/1/2023) siang.

Asren melihat langsung kondisi sekolah tersebut pasca terjadi bencana longsor, pada Selasa (24/1) dini hari. “Kedatangan saya atas perintah langsung bapak Gubernur,” kata Asren kepada awak media, didampingi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sibolga, Elvrida Novianna Sinaga, di lokasi longsor.

Dia mengaku telah menginstruksikan Cabang Dinas Pendidikan setempat untuk segera mengambil tindakan mitigasi guna meminimalisir dampak bencana terhadap proses pembelajaran.

Serta akan mengusulkan perbaikan fasilitas sekolah terdampak longsor dengan melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapateng.

“Saya tidak ingin mengatakan beruntung, karena longsor terjadi dini hari. Tapi, peristiwa sewaktu-waktu bisa terjadi kembali. Maka, saya perintahkan agar daerah sekitar longsor dibuat pembatas. Serta dipasang himbauan agar tidak didekati dan digunakan hingga batas waktu yang tidak ditentukan,” kata Asren.

“Saya, ucapkan terimakasih kepada Penjabat Bupati Tapteng, BPBD Tapteng, TNI dan Polri, yang telah meninjau sekaligus mengerahkan bantuan untuk pembersihan material longsor,” tambahnya.

Kepala SMK Negeri 1 Tapian Nauli, Ospiner Hutauruk, merinci kerusakan pada fasilitas sekolahnya disebabkan material longsor.

Bencana alam tersebut merusak satu unit ruang belajar, satu unit ruang praktek siswa, 10 unit komputer, peralatan kegiatan ekstrakurikuler, dan mobiler sekolah.

“Karena jumlah ruangan di sekolah kita ini berlebih, kerusakan ini tidak mengganggu proses belajar dan mengajar. Sementara waktu, kegiatan yang biasa dilakukan di bangunan yang rusak akibat longsor ini dialihkan ke ruangan lain,” ungkapnya.(JN)

Bagikan :