Dua Partai di Sibolga Tidak Mendaftar ke KPU

Bagikan :

SIBOLGA – Kliktodaynews.com|| Dari 18 Partai yang terdaftar di KPU Sibolga, sebanyak 2 Partai Tidak mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sibolga, kedua partai tersebut adalah partai Garuda dan Partai Gelora, sementara 16 partai lainnya telah mendaftarkan bacalegnya.

“Setelah pendaftaran Bacaleg ini ditutup minggu, (14/5/2023) pukul 23.59 wib, setelah ditunggu, ternyata tidak ada lagi partai yang datang yaitu partai Gelora dan Partai Garuda, ada 16 partai yang sudah mendaftar ke KPU Sibolga, sementara 2 partai lagi tidak mendaftar, padahal sekretariat partai tersebut memang ada di kota Sibolga dan partai tersebut sama sekali tidak mendaftarkan bacalegnya ke KPU Kota sibolga, dan ini sudah kita tanyakan ke mereka,” kata Ketua KPU Sibolga, Khàlid Walid, senin (15/5) di kantor KPU Sibolga.

Menurut Khalid, dari 18 parpol yang ada di Sibolga, saat pendaftaran dimulai 1 hingga 14 Mei 2023, tanggal 11 Mei ada 3 parpol yang mendaftar, ada PDI Perjuangan, Nasdem dan PKS, Masing masing partai mendaftarkan Bacalegnya di Daerah Pemilihan (Dapil) I dan II 100%, selanjutnya, tanggal 13 Mei 2023 ada 4 partai yang mendaftar, ada GERINDRA, PBB, PKB dan PERINDO Yang juga mendaftarkan Bacalegnya 100%.

“Pada hari terakhir 14 Mei 2023, ada 9 parpol yang mendaftar, ada P.Demokrat GOLKAR, P3, PSI, P.Hanura, PAN, P.Umat, PKN, dàn Partai Buruh. Partai yàng 100% yang mendaftarkan Bacalegnya hanya Partai Perindo, P.Demokrat, Golkar, PSI dan Hanura. Sementara untuk PPP hanya Dapil II Mendaftarkan bacalegnya 5 orang, PAN 6 orang untuk Dapil I dan 6 Orang Dapil II, Untuk Partai Umat 4 orang dapil I dan 10 orang Dapil II, PKN hanya dapil II 3 orang untuk Partai Buruh 7 orang Dapil I 12 orang untuk Dapil II,”Jelas ketua KPU Sibolga.

Lanjut Dia, dari 16 Parpol yang mendaftar, Dapil I laki laki ada 59 orang, Perempuan ada 46 orang jumlah dapil I ada 105 orang, untuk Dapil II laki laki ada sebanyak 103 orang, perempuan ada 65 orang, jadi jumlah bacaleg dapil II 168 Orang, jadi total keseluruhan bacaleg yang mendaftar ada sebanyak 271 orang.

“Setelah menerima pendaftaran Bacaleg ini, kita akan memverifikasi berkas berkas para bacaleg yang sudah mendaftar, untuk MS (Memenuhi Syarat) atau BMS (Belum Memenuhi Syarat), artinya masih ada perbaikan, yang berarti apa yang kurang dari berkas tersebut, itu yang nanti mau kita perjelas, seharusnya hari ini sudah dimulai, namun karena masih kecapekan usai menerima berkas pendaftaran ini, maka mulai besok kita sudah akan bekerja memverifikasi berkas itu,” terang ketua KPU Sibolga. (JN)

Bagikan :