Beredar Isu Mendagri Akan Tugaskan Sugeng Gantikan Elfin Eliyas Sebagai Pj Bupati Tapteng

Bagikan :

Tapanuli Tengah, Kliktodaynews.Com|| Beredar isu Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia akan gantikan Pj Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Dr.Elfin Eliyas Nainggolan dan selanjutnya akan menghunjuk mantan Wakil Kajati Kepulauan Bangka Belitung Dr.Sugeng Riyanta, SH.M.H sebagai Pj Bupati Tapteng, yang kabarnya pelantikan Pj Bupati tersebut akan dilaksanakan pada 14 November 2023 oleh Pj Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin di Medan.

Elfin Eliyas Nainggolan yang dilantik pada 14 November 2022 oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengantikan Yetty Sembiring hanya 6 bulan menjabat Pj Bupati Tapteng, Elfin Eliyas  Nainggolan yang hanya 1 tahun menjabat kini akan kembali diganti Kemendagri.

Adita Nainggolan salah seorang warga masyarakat Kecamatan Pandan yang dimintai tanggapannya terkait isu pergantian Pj Bupati Tapteng mengatakan, ” saya terkejut mendengar isu akan adanya pergantian Pj Bupati Tapteng, bila hal itu benar berarti Kabupaten Tapanuli Tengah dan bila benar pada Selasa 14 November 2023 nanti akan ada pelantikan Pj Bupati.Berarti Tapteng  dalam kurun waktu 1 tahun 6 bulan sudah memiliki 3 Pj Bupati didaerah ini”, katanya.

“Saya ingat betul masa berakhirnya jabatan Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani pada 22 Mei 2022 dan pada saat itu Kemendari menghunjuk Yetty Sembiring sebagai Pj Bupati Tapteng dan di lantik Gubernur Sumatera Utata, Edi Rahmayadi dan berselang 6 bulan masyarakat Tapteng melakukan aksi demo copot Pj Bupati, karena masyarakat menilai Yetty Sembiring mantan Ajudan Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani tidak netral memimpin dan akhirnya Yetty Sembiring dicopot sebagai Pj Bupati”.

Kemudian Kemendagri menghunjuk Elfin Eliyas Nainggolan sebagai Pj Bupati Tapteng dan dilantik pada 14 November 2022, setelah 3 hari menjabat Pj Bupati.Masyarakat menilai Elfin Nainggolan tidak netral dan berpihak kepada mantan Bupati dan terkesan masyarakat menilai Elfin Eliyas Nainggolan ‘Boneka’ Ketua Nasdem Tapteng yang juga mantan Bupati”, terang Adita Nainggolan.

Dalam kurun 1 tahun masa kepemimpinan Elfin Eliyas Nainggolan di Tapteng ini, masyarakat menilai Elfin sebagai tim suksesi Partai Nasdem dan menggadang-gadangkan Bakhtiar Ahmad Sibarani menjadi Bupati 2 periode dan masyarakat menilai Elfin Pj Bupati gagal, dimana masyarakat menilai Elfin selaku Pj Bupati selalu ‘Diremot’ oleh mantan Bupati yang juga sebagai Ketua Parpol didaerah ini”, kata Ibu beranak satu ini.

“Akibat ketidaktegasan dan netralnya Elfin menjabat Pj Bupati, masyarakat Tapteng telah dua kali melaksanakan demo Copot Pj Bupati ke Kantor DPRD.Karena dinilai Elfin Nainggolan ‘Bonek’ nya Ketua Parpol yang berkuasa didaerah ini,” pukasnya.

“Nah setelah disauti Kemendari  aspirasi masyarakat Tapteng yang menginginkan netralitas dan  pemimpin tegas didaerah ini dalam membenahi birokrasi, pelayanan masyarakat agar tidak ada lagi kata-kata intimidasi kepada dan ASN untuk mengarahkan agar mendukung dan memilih salah satu partai yang berkuasa saat ini di DPRD.

“Saya selaku masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah ini begitu yakin Tapteng akan ada perubahan yang lebih baik lagi, baik di Birokrasi dan ditengah-tengah masyarakat yang selama ini dimomoki rasa ketakutan dari Ketua Parpol yang merasa masih pejabat Bupati,” cetus Adita.

Bila benar akan ada pergantian Pj Bupati Tapteng, “maka saya berharap kepada Pj Bupati yang baru nantinya, agar benar-benar netral di Pemilu Pilpres, Pilkada 2024 dan jangan ada keberpihakan dan ketidak netralan kesalah satu Parpol, dan harapan saya kiranya Pj Bupati Tapteng yang baru nantinya agar mampu memberikan perlindungan hukum yang berkeadilan kepada masyarakat dan membenahi birokrat Tapteng”, pintanya.

Adita menekankan, “pentingnya memitigasi masalah dan permasalahan yang mungkin muncul dalam kontestasi politik di 2024, dan nantinya juga agar mampu mengevaluasi kinerja Organisasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah yang selama ini kita nilai banyak ketidak beresan dalam penggunaan Anggaran Keuangan Negara”, tutupnya.(HP).

 

 

Bagikan :