155 KK Warga Terima 540 Ekor Ternak Ayam dari Pemerintah Pagaranhonas

Keterangan fhoto: Warga Desa Pagaranhonas terima bibit ternak ayam dari Pemerintah Desa.
Bagikan :

Tapanuli Tengah, Kliktodaynews.Com|| Pemerintah Desa Pagaranhonas Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah Provinsi Sumatera Utara melakukan Program Ketahanan Pangan melalui pemberian ternak ayam sebanyak 540 ekor ayam dibagikan kepada 155 Kepala Keluarga.

Pendamping Desa Pagaranhonas, Sulastri Simanjuntak yang diajak berbincang-bincang oleh awak media dilokasi menyebutkan,” tahun ini Pemerintah Desa Pagaranhonas berdasarkan musyawarah Desa bersepakat membuat program kekuatan pangan dan ini hasil kesepakatan lewat musyawarah desa tahun 2024 dananya bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2024,” jelas Sulastri.

Masih jelasnya,” selain pekerjaan fisik , ada juga di canangkan untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan sejumlah kegiatan lainnya seperti pemberian makanan tambahan pada lansia dan ibu hamil, juga pembagian susu pada Balita warga Desa Pagaranhonas ini”, terang pendamping Desa itu.

Masyarakat Desa Pagaranhonas telah bermusyawarah dan menyepakati untuk pengadaan bibit ayam untuk di ternakkan masing masing  keluarga penerima ternak.

Dilokasi pembagian ternak, tanpak para penerima ternak ayam 3 ekor ayam dengan berat timbangan setiap 1 ekor seberat 1 kilo gram yang diadakan dari luar Desa Pagaranhonas.

Baca Juga :  Bupati Tapanuli Tengah Didaulat Sampaikan Sambutan Mewakili Seluruh Kepala Daerah Se-Tapanuli Pada Pembukaan Rapat Pendeta HKBP Tahun 2019

Pantauan awak media dilapanganan, ratusan masyarakat berkumpul dilapangan yang telah disediakan Pemerintah Desa Pagaranhonas  yang hadir menerima bibit ayam untuk diternakkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Desa.

Sementara Kepala Desa Pagaranhonas, Harianto yang diminta tanggapannya menjelaskan,” bahwa penyaluran bibit ayam ini diharapkan bisa sedikit membantu membangkitkan ekonomi masyarakat nantinya dan agar memiliki tanggung jawab bersama demi kepentingan masyarakat Desa ini,” terangnya.

“Program Pembagian ayam tersebut bersumber dari Dana Desa untuk ketahanan pangan , dan masing masing kepala Keluarga mendapatkan 3 ekor dan diternak untuk dikembangkan,” ujar Harianto.

“Kita telah siapkan sebanyak 540 ekor ayam ukuran 1 kg lebih, yaitu ayam kampung dan di bagikan pada 155 Kepala Keluarga, acara pembagian itu kita undang Ketua BPD, para Kadus se-Desa Pagaranhonas, Babinsa dari Koramil Pinangsori, dan Babinkamtibmas Polsek Pinangsori,” terang Herianto.

Oleh karena itu kita harapkan, “bagi warga penerima dan sebagai penanggung jawab memelihara dan mengurus ternak itu harus benar-benar merawat ayam itu untuk diurus serta bertanggung jawab dengan sepenuhnya dan agar nantinya dapat berkembang demi membangkitan ekonomi masyarakat desa ini dan hasilnya bila di jual akan kita bagi kepada masyarakat juga ,” tutupnya.(HP).

Baca Juga :  PT.Nusantara Hidrotama Beli Lahan  Berperkara, Jemaat Minta Petinggi HKBP Perjuangkan Aset Gereja HKBP Onan Hasang

 

Bagikan :