SMAN 6 Kota Binjai Terus Berbenah, 13 Program Eskul Menjadi Prioritas

Bagikan :

Binjai – Kliktodaynews.com||SMAN 6 terus berbenah tahun ajaran 2022-2023 demi tampil sebagai sekolah unggulan di Kota Binjai, Provinsi Sumatera Utara. Salah satu upaya konkrit ialah mengembangkan 13 program ekstra kulikuler (ekskul) bagi para siswa.

“Upaya ini kita lakukan demi memberikan kesempatan siswa mengembangkan minat dan bakatnya, sekaligus meningkatkan motivasi belajar mereka dan mencegah anak-anak kita dari aktivitas-aktivitas negatif,” ungkap Kepala SMA Negeri 6 Kota Binjai, Sujarno SKom, Sabtu (08/10/2022).

Dijelaskannya, ke-13 program ekstra kurikuler yang saat ini dikembangkan SMA Negeri 6 Kota Binjai, antara lain Sepakbola, Futsal, Basket, Voli, Taekwondo, Pramuka, PMR, Rohis, Rokris, Pandu Digital, Teater, Paskib, dan Paduan Suara.

Menariknya, kata Sujarno, SMA Negeri 6 menjadi satu-satunya SMA di Kota Binjai yang mengembangkan ekstra kulikuler sepakbola. Bahkan untuk meningkatkan motivasi para siswa, pihaknya sengaja mendatangkan mantan pemain nasional, Saktiawan Sinaga, sebagai pelatih.

“Di sekolah kita, semua ekskulnya menonjol, karena aktif dan ada pelatihnya. Biayanya juga gratis. Bahkan kita memberikan puding berupa makan bernutrisi tinggi setiap bulannya khusus untuk ekskul sepakbola,” ujar Sujarno, didampingi Ketua Komite SMA Negeri 6 Kota Binjai, Ferdy Yupa SH.

Baca Juga :  Piala F_SPTI-K_SPSI; FC PosPD84 Melangkah Ke Final Usai Kandaskan FC POPP

Untuk mendukung optimalisasi kegiatan esktra kulikuler, khusunya yang berbasis olahraga, dia pun berencana menjadikan halaman belakang sekolah sebagai areal sport center bagi para siswa.

Beruntung menurut Sujarno S.kom, prestasi siswa SMA Negeri 6 Kota Binjai yang mengikuti program ekstra kulikiler sudah mulai terlihat. Sebagai contoh, Grup Paduan Suara sudah menciptakan mars dan hymne sendiri, tim Pandu Digital tengah merancang alamat web sendiri, dan terdapat pula tiga siswa yang kini mewakili Kota Binjai di ajang Kejurda Futsal Sumatera Utara.

“Bagi saya, indikator sekolah unggul itu jika program ekskulnya aktif. Makanya kita tawarkan setiap siswa ikut program ekskul sesuai dengan minat dan bakatnya. Sebab saya sadar, ekskul ini adalah sarana pengembangan minat dan bakat siswa, wadah pembinaan karakter dan kedisiplinan siswa, dan ajang kreativitas siswa,” terangnya.

Kalaupun ada persoalan-persoalan yang berhubungan dengan siswa, seperti perkelahian atau aksi perundungan siswa, diakui Sujarno, pihaknya sesegera mungkin melakukan mediasi dengan menghadirkan siswa, orangtua siswa, guru bagian kesiswaan, serta komite sekolah.

Baca Juga :  Empat Hari Hilang, Wabup Oloan Terjun Langsung Pencarian Korban Hanyut di Parlilitan

Terpisah, Humas Komite SMA Negeri 6 Kota Binjai, yang juga Ketua Serikat Media Siber Indonesia SMSI) Binjai-Langkat, Siswanto Ihsan SE, mendukung pengembangan 13 program ekstra kulikuler SMA Negeri 6 Kota Binjai.

“Jadi, pengembangan minat dan bakat siswa melalui program ekstra kulikuler mampu menopang profesi dan masa depan karir siswa,” Sambung pria berbadan tegab itu.

Dari pengamatan Ketua SMSI Binjai-Langkat di SMAN 6 Binjai, banyak kegiatan positif yang dilakukan selama kepemimpinan Kepala Sekolah.

” Saya sangat mengapresiasi ada 13 Eskul yang ditampilkan bagi para Siswa maupun Siswi disini. Semoga Sekolah ini menjadi unggulan, menjadi Sekolah percontohan bagi seluruh Sekolah di Provinsi Sumatra Utara khususnya Kota Binjai tercinta,” tutup Humas SMAN 6 Binjai yang juga menjabat sebagai Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Binjai-Langkat, Sabtu (08/10/2022). (rel/KTN)

 

Bagikan :