Ribuan Masyarakat Surati Mendagri Tolak Elfin Eliyas Nainggolan Sebagai Pj Bupati

Keterangan Foto : Prins Walles Tambunan memperlihatkan surat copot Pj Bupati Tapteng, DR.Elfin Eliyas Nainggolan yang disampaikan kepada Mendagri.
Bagikan :

Tapanuli Tengah – Kliktodaynews.Com|| Kembali ribuan masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Provinsi Sumatera Utara surati Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) tolak DR.Elfin Eliyas Nainggolan sebagai Pejabat Bupati Tapteng yang telah dilantik  pada Senin (14/11/2022) lalu oleh Gubernur Sumatera, Edy Rahmayadi diaula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur, demikian dikatakan Ketua Koordinator Tolak Pj Bupati Tapteng, Prins Walles Tambunan (66) kepada Wartawan Kliktodaynes.Com pada Rabu (25/1/2023) di Pandan.

Kata Prins Walles menambahkan, “Surat penolakan dari ribuan masyarakat Kabupaten Tapteng itu telah saya sampaikan dengan para delegasi lainnya pada 12 Januari 2023 lalu kepada Menteri Dalam Negeri di Jakarta dan surat tembusan itu juga kami sampaikan kepada Presiden RI, Ir.H.Joko Widodo, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri, Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar, Luhut Binsar Panjaitan, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Kabinet, Pratikno, Menteri Hukum dan HAM RI, Yasona H Laoli, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Ketua Frakasi Golkar DPR RI, Ketua Fraksi Gerindra DPR RI, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, Trimedia Panjaitan selaku anggota DPR RI Dapil II Sumatera Utara dan Masinton Pasaribu selaku Anggota DPR RI yang juga sebagai putra daerah Kabupaten Tapteng”, terangnya.

Sebutnya, “adapun tujuan tolak DR.Elfin Eliyas Nainggolan sebagai Pj Bupati Tapteng, terkait kepemimpinan Pj Bupati DR.Elfin Eliyas Nainggolan diduga terlibat langsung melakukan pembiaran terhadap  ASN Pemerintah kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) tanpa ada teguran atau sanksi, dan bahkan terkesan turut sebagai pemenangan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) atau diduga sebagai suksesi pemenangan Calon Bupati, Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wakil Bupati, Darwin Sitompul di Kabupaten Tapteng”.

Lebih jauh dikatakan Prins Walles Tambunan, “DR.Elfin Elias Nainggolan yang dilantik sebagai Pj Bupati Tapteng menggantikan Pj Bupati, Yetty Sembiring yang diduga selama ini tidak netral, sehingga masyarakat Tapteng menolaknya.Akan tetapi Pj Bupati yang sekarang ini bukan malahan memperbaiki kondisi para ASN yang terlibat berpolitik praktis dan atau melaksanakan aturan ASN agar tidak berpolitik praktis”.

“Sebagai bukti pada tanggal 15 November 2022 atau satu hari bertugas sebagai Pj.Bupati mengikuti rombongan Ketua DPC Nasdem melakukan kunjungan bencana banjir di Kecamatan Barus dan setelah itu mengikuti makan malam bersama dirumah kediamanan Bakhtiar Ahmad Sibarani di Jalan Raja Junjungan Lubis di Kelurahan Sibuluan Kecamatan Pandan”, ungkap tokoh masyarakat Tapteng ini.

Kata Walles , “Kemudian Pj Bupati melaksanakan acara Silaturahmi dan Ramatamah pejabat Bupati Tapanuli Tengah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah yang tanggal 21 November 2022 digedung Serbaguna Pandan yang dihadiri seluruh SKPD, Camat, ASN, Kepala Desa dan undangan Khusus kepada Ketua Nasdem Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani”, ujarnya.

Pada intinya dalam acara itu, Pj Bupati Tapteng, DR.Elfin Eliayas Nainggolan memperkenalkan dirinya sebagai Keponakan marga Sibarani yang dilahirkan wanita boru Sibarani dan Elfin Eliyas mengelu-elukan BADAR Jilid II didalam acara itu kepada para undangan yang hadir.

“Selanjutnya pada tanggal 13 Desember, Pj Bupati memobilisasi para ANS menghadiri acara wisuda Sarjana Ketua Nasdem Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani di Universitas Muhammadiya Sumatera Utara (UMSU) di Kota Medan”, pukasnya.

“Kemudian pada 15 Desember 2022 Pemkab Tapteng melaksanakan Natal Oikumene di Desa Lobutua Kecamatan Andam Dewi, diacara itu Pj Bupati mengalungkan bunga kepada Bakhtiar Ahmad Sibarani dihadapan ASN dan masyarakat dan terkesan Pj.Bupati saat itu mengagung-agungkan Ketua Nasdem dan terkesan berkampanye”, tuding Walles.

Disamping itu dinilai Pj.Bupati Tapteng melakukan pembiaran, seperti foto Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Darwin Sitompul sebagai Bupati Periode 2017-2022 masih terpajang di setiap perkantoran di Pemkab Tapteng dan maraknya spanduk dan stiker dipingir jalan dan rumah warga yang bergambarkan Bakhtiar-Darwin sebagai calon bupati dua periode dan bertuliskan lanjutkan.

“Bila kita bandingkan dengan Yetty Sembiring yang sebelumnya sebagai Pj Bupati, Dr.Elfin Eliyas Nainggolan sudah melampaui batas dan wewenang dalam membesar-besarkan Partai Nasdem di daerah ini dan untuk mensukseskan Ketua Nasdem menjadi Bupati Tapteng dua periode”.

Disamping itu kearoganan Pj.Bupati Tapteng yang semena-mena mencopot beberapa tenaga honorer di Kantor Inspektorat Tapteng, dikarenaka keluarga dari para honorer itu ikut pendukung atau pengurus partai PDI Perjuangan Tapteng.

Prins Walles Tambunan mengharapkan, “agar Mendagri segera memproses dan mengevaluasi sekaligus mengganti Pj Bupati Tapteng, DR.Elfin Eliyas Nainggolan dengan seorang ASN yang benar-benar netral dalam mengemban tugas diberikan pemerintah pusat agar tidak terulang kembali ‘Pembunuhan Demokrasi’ kedaulatan rakyat di Kabupaten Tapteng ini dan agar tidak terulang kembali seperti pesta demokrasi 2019 lalu.Dimana akibat hal itu KPUD Tapteng mendapat peringatan keras dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Republik Indonesia (DKPP RI),” tutup Prins Walles Tambunan. (HP/KTN)

 

 

Bagikan :