Pemadaman Listrik Bulan Ramadan, PLN ULP Lima Puluh Meminta Maaf Kepada Pelanggan

Bagikan :

Lima Puluh-Kliktodaynews.com Terjadinya pemadaman listrik pada Kota Lima Puluh dan Kec. Ujung Padang serta daerah sekitarnya yang terjadi belakangan ini, sebut saja tanggal 09 Mei 2019 pukul 02:45 WIB disebabkan oleh karena terjadi gangguan pada sistem transmisi penghantar 150 kV yang mengakibatkan sejumlah pembangkit antara lain PLTU Nagan, PLTU Pangkalan Susu, PLTGU Belawan dan PLTG AKE mengalami trip (lepas sistem) dengan total daya 378 MW.

Dampaknya terjadi pemadaman yang meluas termasuk di Kota Lima Puluh dan Kec. Ujung Padang serta derah sekitarnya. Adapun langkah-langkah pemulihan paska terjadinya pemadaman, PLN melakukan percepatan pengoperasian sejumlah pembangkit untuk dapat segera masuk ke sistem 150 kV.

Penormalan ini mulai berangsur pukul 04:28 WIB dan selesai secara keseluruhan pukul 06:38 WIB. Kemudian kelistrikan mengalami kembali pemadaman pada pukul 20:45 WIB yang diakibatkan suplai gas mengalami penurunan yang berdampak pada pembangkit PLTMG LMVPP Belawan trip dengan total 488 MW.

Pemadaman ini dirasakan di sebagian besar Kota Lima Puluh dan Kec. Ujung Padang serta daerah sekitarnya dan secara keseluruhan normal kembali pada pukul 20:51 WIB. Namun dikarenakan ketersediaan daya pembangkit yang tidak mencukupi akibat sejumlah pembangkit keluar sistem maka terjadi defisit sebesar 263 MW pada sistem Sumatera Bagian Utara.

Baca Juga :  Sedang Tunggu Pembeli, Pria Pengangguran Dibekuk Polsek Limapuluh


PLN melakukan upaya percepatan penormalan dengan melakukan pemulihan satu persatu pemadaman dan secara keseluruhan normal kembali pada pukul 00:38 WIB. Dengan terjadinya 2 kali pemadaman yang cukup meluas diakibatkan sistem penyaluran 150 kV dan pembangkit hal ini menjadi perhatian serius bagi PLN untuk melakukan perbaikan agar kejadian serupa tidak terjadi kembali.

Atas kejadian ini PLN ULP Lima Puluh memohon maaf yang sebesar-besarnya dan kami berupaya seoptimalnya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Dalam kesempatan ini disampaikan kesiapan pasokan listrik selama bulan Ramadhan, PLN ULP Lima Puluh sudah melakukan sejak jauh-jauh hari pemeliharaan jaringan terutama di daerah-daerah yang rawan gangguan, standby petugas 24 jam, menyiapkan trafo mobile dan material lainnya untuk mengantisipasi terjadinya gangguan pada sistem 20kV (Jaringan Tegangan Menengah).

PLN juga mengharapkan kerjasama seluruh masyarakat agar kiranya dapat melaporkan jika ada potensi gangguan pada jaringan PLN agar bisa segera ditindaklanjuti.

Kepada masyarakat yang ingin menyampaikan informasi pemadaman dapat menghubungi Call Center 123, Facebook : PLN123, Twitter : @PLN_123 dan PLN Mobile di Playstore. (BP)
Baca Juga :  Bupati Batu Bara Lantik Maeda Soetopo Jadi Kadis Disdukcapil

Bagikan :