OJK Sumatera Utara Dukung Pengembangan Ekonomi Daerah Melalui Sektor Kelapa Sawit

Bagikan :

MEDAN, Kliktodaynews.com|| Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sumatera Utara, Khoirul Muttagien, hadir dalam acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang mengusung tema “Dukungan Industri Jasa Keuangan Terhadap Pengembangan Ekonomi Daerah Melalui Sektor Kelapa Sawit”.

Acara ini diadakan di Kota Pinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, dan dihadiri oleh berbagai pihak yang terkait dengan industri kelapa sawit di daerah.

Dikatakan, Khoirul Muttagien pentingnya sinergi antara pemerintah, lembaga keuangan, dan para petani untuk memaksimalkan potensi ekonomi daerah melalui sektor kelapa sawit.

“Skema pengembangan Perkebunan sawit rakyat (SERAYA) merupakan langkah progresif yang menjanjikan peningkatan kesejahteraan petani dan kemajuan sektor Perkebunan sawit.

Kerjasama terkoordinasi antara asosiasi Perkebunan sawit, koperasi, perbankan, BPJS Ketenagakerjaan, dan pemerintah daerah, skema ini akan memfasilitasi akses petani sawit rakyat ke arah pembiayaan yang lebih baik, efisien, berkelanjutan, dan tanggap perlindungan petani/ pekerjanya.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Industri Jasa Keuangan terhadap Pengembangan Ekonomi Daerah, yang dalam kesempatan ini didukung oleh PT BPD Sumatera Utara dan BPJS Ketenagakerjaan, demi mensukseskan program SERAYA ini.” ujar Khoirul Muttagien.

Sementara itu, Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Edimin dalam sambutan juga menegaskan pentingnya peran pemerintah daerah dalam mendukung sektor kelapa sawit. “Kerja sama dengan OJK ini diarahkan untuk peningkatan literasi dan inklusi keuangan dan pemberdayaan melalui fasilitasi dan akses perbankan yang lebih mudah.

Tidak hanya memberikan pelindungan tetapi kita juga melakukan pemberdayaan dan penguatan kapasitas. Harapannya, sinergi antara Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan dengan BPJS Ketenagakerjaan dan PT BPD Sumatera Utara dapat memperkuat ekosistem logistic para pekerja Indonesia di Kabupaten Labuhanbatu Selatan khususnya untuk mendukung keselamatan pekerja.” jelas H. Edimin.

Penyerahan simbolis mock-up penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada kelompok tani, yang dilakukan oleh Bupati Labuhanbatu Selatan dan diterima oleh debitur KUR dari Bank Sumut. Hal ini merupakan langkah nyata dalam memberikan dukungan finansial kepada petani untuk pengembangan usaha. (SGH)

Bagikan :