Balap Perahu Tradisional Wara-Wiri Samosir akan Digelar Akhir Pekan ini

Bagikan :

SAMOSIR – Kliktodaynews.com|| Akhir pekan ini akan ada event Solu One Tasco Hutaraja Grand Prix di Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan Kabupaten Samosir. Event ini tentunya tak kalah menarik dengan F1H20.

Kepala Desa Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan Samosir Raja Sondang Simarmata mengatakan, Solu One Tasco Hutaraja Grand Prix merupakan rangkaian balap perahu tradisional non mesin maupun menggunakan mesin.

Solu One Tasco Hutaraja Grand Prix akan menjadi tontonan menarik bagi wisatawan di Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan Kabupaten Samosir.

“kini dapat dikatakan sebagai pesta rakyat Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan. Kegiatan ini merupakan rantaian kegiatan desa tahun lalu setelah mengadakan perlombaan Solu (Nelayan),”ujar Raja Simarmata.

Menurut Raja, Adu balap perahu ini diinisiasi Capcapung (Pukka Simbolon) bersama dengan Pemerintahan Desa Lumban Suhi-Suhi.

Sebuah gagasan pun ditemukan, bagaimana para nelayan dapat terbantu sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri para nelayan di seputaran Danau Toba khususnya Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan.
Tentu, kata Raja melalui adu balap perahu ini nantinya akan ada regenerasi para nelayan di Danau Toba yang dpat memaksimalkan potensi yang ada di Danau Toba.

“Ini merupakan bentuk kepedulian yang konkrit Capcapung, Tasco dan Pemerintahan Desa kepada Nelayan di Sekitar Danau Toba, Dengan menghadiahkan Mesin Gratis kepada peserta lomba yang merupakan nelayan di Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan. Dengan acara ini kami berharap para generasi muda memiliki rasa percaya diri dan mau menjadi generasi penerus para nelayan di Danau Toba, Tutur Pukka Simbolon,”ucap Raja.

Apalaagi memang, meniurut Raja Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan merupakan salah Satu Desa Wisata yang tentu perlu diadakan kegiatan-kegiatan tentang pariwisata, dan salah satunya Solu One.
Selain kegiatan Desa Wisata, Solu One ini merupakan bentuk dukungan Pemerintahan Desa dan Capcapung terhadap perkembangan pariwisata Danau Toba Khususnya Kabupaten Samosir.

Pukka Simbolon selaku pemilik Capcapung dan Perwakilan PT Tasco berharap, kegiatan ini dapat berlangsung setiap tahunnya, atau bahkan 2 kali dalam satu tahun.

“Dan program ini dapat dilakukan di setiap Kecamatan Kabupaten Samosir sehingga nantinya Solu One Tasco Grand Prix ini dapat menjadi event di Tingkat Kabupaten atau bahkan di Tingkat Provinsi. Namun Hal ini tidak akan bisa dilaksanakan tanpa dukungan dari banyak pihak, baik itu dukungan secara materil atau non materil,”kata Pukka.

Pukka Simbolon juga selaku Project Manager berharap kepada semua pihak khususnya para Putra Daerah Kabupaten Samosir yang merantau untuk bersama sama bergandengan tangan menjadikan event ini menjadi milik bersama, milik warga Kabupaten Samosir sejajar dengan slogan Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan, Hita do Hita.

Pesta Rakya Solu One Tasco Hutaraja ini akan berlangsung pada tanggal 25-26 Februari 2023 di Pantai Hita do Hita Hutaraja, Lumban Suhi-Suhi Toruan. Dalam kegiatan ini akan ada Camping Ground, Lomba Solu Tradisional, Eventu Utama dengan Solu Mesin diperlombakan dalam dua kategori, Sprint Race, dan Solu One Race.

Pantauan Tribun Medan, para nelayan antusias mempersiapkan perahunya untuk mengikuti lomba.

Sejumlah nelayan terlihat ada yang adu balap solu rakitannya, yang tentu tidak kalah menarik dengan F1H20 Power Boat di Balige. (vay/ktn)

Bagikan :