UHKBPNP Tawarkan Kerjasama Peningkatan Kualitas Pendidikan di Simalungun

Bagikan :

SIMALUNGUN – Kliktodaynews.com|| Salah satu upaya mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat adalah tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing. Perguruan tinggi menjadi tumpuan menghadirkan harapan dimaksud.

“UHKBPNP siap berkolaborasi dengan Pemkab Simalungun mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas pendidikan,” ujar Rektor UHKBPNP Prof. Dr. Sanggam Siahaan,M.Hum kepada Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS).

Disrupsi yang begitu cepat mengubah tatanan dunia kerja. Sejalan dengan itu, kebiasaan atau cara-cara lama akan tergerus dengan pesatnya perkembangan teknologi. “SDM yang unggul itu siap mendisrupsi dan mampu mendisrupsi,” terang Sanggam, di rumah kediaman RHS Jalan Surung Dayung, Rabu, 15 September 2021.

Diskusi bertemakan peningkatan kualitas pendidikan itu diinisiasi oleh UHKBPNP. Sanggam Siahaan menjelaskan bahwa pihaknya ingin berkontribusi membangun kabupaten Simalungun melalui peningkatan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian.

Dalam diskusi itu, Sanggam didampingi Dekan FKIP Dr. Jumaria Sirait, Dr. Muktar Panjaitan, Anriono Manalu, MPd dan Rindu Marpaung dari Biro Humas dan Kerjasama UHKBPNP.

Baca Juga :  Petani Menjerit, Sarifudin Usulkan Penyaluran Pupuk Bersubsidi Lewat BUMNag

RHS : Mari Bersama Menapaki Masa Depan

Bupati RHS menyambut baik gagasan yang ditawarkan UHKBPNP. Ia menyebut, keterlibatan para stakeholder dan perguruan tinggi akan mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. “Terimakasih pak Rektor, mari bersama menapaki masa depan,” katanya.

Sekolah atau perguruan tinggi dituntut mempersiapkan lulusan yang terampil dalam menghadapi era industri 4.0. Untuk itu, penyelenggara pendidikan, harus terus beradaptasi dengan perubahan.

RHS mengungkapkan, loyalitas dan militansi guru saat ini masih kurang dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya. Bahkan, tak sedikit menempuh jalan pintas. Sebagai contoh, adanya guru dalam menulis karya ilmiah hasil copy paste (ciplakan). “Kalau karya ilmiah dilakukan dengan kesungguhan, maka itu akan mendarah daging dengan tugasnya,” ungkapnya.

Di tahun keempat pasca menjadi universitas, setidaknya 766 mahasiswa asal kabupaten Simalungun memilih belajar di UHKBPNP. Nah, pada akhir bulan September ini dijelaskan Jumaria Sirait, ratusan mahasiswa akan melakukan praktek mengajar di SD, SMP, SMA/SMK di wilayah kabupaten Simalungun. Selanjutnya, dua tahun yang lalu pihaknya juga mengabdi selama dua pekan membantu masyarakat desa. “Kita berbagi pengalaman, gotong royong-marharoan bolon dengan masyarakat dan membantu penyelesaian masalah administrasi perangkat desa,” ungkapnya.

Baca Juga :  Ariesto Sihombing Tewas Ditabrak Angkutan Umum CV PARISMA TOUR

Diskusi berakhir dengan menyepakati kerjasama yang akan diteken dalam waktu dekat. (*)

Bagikan :