Tumbur Napitupulu Mamboan Sipanganon tu Tulang Sungsungan Siahaan,Minta Restu Untuk Maju Jadi Bupati Simalungun

Tumbur Napitupulu Mamboan Sipanganon tu Tulang Sungsungan Siahaan,Minta Restu Untuk Maju Jadi Bupati Simalungun
Tumbur Napitupulu Mamboan Sipanganon tu Tulang Sungsungan Siahaan,Minta Restu Untuk Maju Jadi Bupati Simalungun
Bagikan :

Simalungun-Kliktodaynews.com Tumbur Napitupulu Mamboan Sipanganon tu tulang Sungsungan Siahaan, Na dialapna Bungaria br Samosir. Di kecamatan Sidamanik.

Salah satu tradisi orang batak yang masih terus dilaksanakan yaitu Mamboan Sipanganon Tu Tulang.

Dalam bahasa Indonesia yang berarti membawa makanan ke rumah tulang. Yang membawa makanan adalah bere kepada tulangnyan. Tujuan acara ini seorang bere laki laki didampingi bapak ibunya memberi makan pihak tulang dengan harapan tulang memberikan doa agar si bere sukses dalam pekerjaan dan selalu sehat

Dalam tradisi batak seorang bere diharapkan selalu sukses di kampung maupun di perantauan maka dengan melakukan tradisi mamboan sipanganon tu tulang dengan harapan tulang memberikan doa agar berenya sukses di setiap pekerjaannya.

Tahapan acara ini dimulai dengan pihak parboru menyampaikan tujuannya datang maamboan sipanganon tu tulang yang diwakili parhata dari pihak boru.Kemudian dilanjutkan dengan pihak boru mamboan tudu tudu sipanganon yang dibawa kehadapan pihak paranak..Selanjutnya pihak tulang membawa ikan mas yang diarsik kehadapan pihak boru/bere, selanjutnya  memberikan ulos  kepada berenya sebagai simbol bahwa si bere diberi berkat oleh Tulangnya .

Baca Juga :  Kapolres Simalungun Pimpin Apel Patroli Berskala Besar


Setekah itu dilanjutkan dengan makan bersama yang diawali dengan doa yang dibawakan pihak boru/bere. Setelah acara makan dilanjutan dengan mambagi jambar kepada setiap orang yang hadir di mulai dari bona tulang, tulang, boru bere, dongan sahuta, ale ale dan dongan tubu.

Kemudian acara dilanjutkan dengan memberi kata kata nasehat kepada bere/parboru yang diawali bona tulang dan dilanjutk an tulang , boru bere, dongan sahuta, ale ale dan dongan tubu selanjutnya oleh tulang kandung bere menutup kata kata nasehat/poda.

Kemudian dilanjutkan lagi oleh piak bere/boru mangampu atau mengaminkan poda yang telah disampaikan kepada mereka.
Tumbur Napitupulu Calon Bupati Simalungun Periode 2020-2025
Tumbur Napitupulu Calon Bupati Simalungun Periode 2020-2025
Kemudian dilanjutkan lagi oleh piak bere/boru mangampu atau mengaminkan poda yang telah disampaikan kepada mereka. Tumbur Napitupulu beserta 9 orang saudaranya yang datang dari perantauan mulai dari Ternate Maluku Utara,Merauke Papua,Kendari Sulawesi tenggara,Batam, dan bapaknya Jansen Napitupulu yang ada di Baluran datang bersama – sama kerumah tulang Sungsungan siahaan Na dialapna Bungaria br Samosir yang berada di kecamatan sidamanik.
Baca Juga :  Lagi Nyedot, Pelaku Sabu di Tangkap Sat Res Narkoba Polres Simalungun


Bapak Jansen Napitupulu juga mengatakan saya sebagai orang tua dari 10 anak-anak saya ini sangat bangga mendengar anak pertama saya Tumbur Napitupulu datang kepada saya untuk Mamboan Sipanganon Tu Tulang karena Tumbur Napitupulu mencalonkan Bupati Kabupaten Simalungun tahun 2020, “Saya selaku orang tua sangat Bangga melihat anak saya Tumbur Napitupulu membawa semua saudaranya yang jauh di perantauan Mamboan Sipanganon Tu Tulang untuk meminta doa agar terpilih menjadi Bupati Kabupaten Simalungun”.

Di kecamatan sidamanik juga mengatakan kalau Bere kami ini Tumbur Napitupulu semoga Tuhan melancarkan niat baiknya memajukan kabupaten simalungun.kami yakin dan selalu mendoakan Tumbur Napitupulu menjadi Bupati Kabupaten Simalungun tahun 2020.
Bagikan :