Timbul Jaya Sibarani Bina Demplot Pertanian Organik di Kecamatan Sidamanik

Bagikan :

SIMALUNGUN – Kliktodaynews.com|| Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Hamonangan Sibarani SH, MH yang juga Ketua DPD Tingkat II Partai Golkar Kabupaten Simalungun, membina petani di Nagori Bukit Rejo, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Pembinaan yang dilakukan Ketua DPD Partai Golkar yang akrab di sapa Ketua TJS itu pun merujuk pada kebutuhan pangan yang saat ini menjadi perhatian pemerintah. Di mana pangan merupakan kebutuhan dasar utama bagi manusia yang harus dipenuhi setiap saat.

TJS didampingi Fungsionaris Partai Golkar, Ricky Rama Sari Alamsah Damanik, SE, pun secara langsung menanam jagung di Demonstrasi Plot (Demplot) pertanian organik binaannya pada Senin (3/7).

Hal itu pun menandai dimulainya program pembinaan pertanian organik di Kabupaten Simalungun.

Program Ketua DPD Tingkat II Partai Golkar Kabupaten Simalungun itu direncanakan akan bergulir dari Nagori ke Nagori di Kabupaten Simalungun yang memiliki lahan pertanian.

Demplot seluas 4000 Meter persegi itu pun menjadi project percontohan dengan menggunakan pupuk organik yang diproduksi di Nagori Manik Hataran, Kecamatan Sidamanik.

Selain mendukung program ketahanan pangan nasional yang digagas pemerintah pusat, program itu pun turut meningkatkan perekonomian masyarakat juga menjaga kelestarian lingkugan hidup.

Timbul Jaya Sibarani, yang ditemui di sela peresmian demplot Pertanian organik menyampaikan, pertanian percontohan tersebut menggunakan pupuk organik yang di produksi anak daerah. Selain kondisi ketersediaan pupuk kimia bersubsidi, penggunaan pupuk organik di sana juga untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia secara perlahan.

“Di demplot percontohan ini kita menggunakan pupuk organik yang diproduksi oleh putra daerah, Ayub Manurung. Ketersediaan pupuk kita kan hanya 40 persen terpenuhi dari pupuk subsidi. Ini juga sekaligus perlahan-laham mengurangi penggunaan pupuk kimia,” terang Timbul Jaya Sibarani.

Pertanian organik percontohan itu diprogramkan menjadi program bantuan bergulir, dengan sistem biaya yang dikeluarkan di sana akan dikembalikan pasca panen. Kemudian bantuan tersebut pun bergulir ke wilayah lain.

Ricky Damanik pun menambahkan, Demplot ini juga bertujuan untuk memotivasi masyarakat atau petani dalam bercocok tanam secara organik dan menggunakan teknologi untuk meningkatkan hasil produksi.

Program tersebut pun mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Di mana harapannya dengan adanya program tersebut dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan perekonomian masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan itu, sejumlah kader dan pengurus DPD Partai Golkar Kabupaten Simalungun dan pangulu dari tiga Nagori sekitar. (*)

Bagikan :