SMP Negeri I Bandar Huluan Berbenah Diri

Bagikan :

Simalungun-Kliktodaynews.com Sejak menjabat sebagai Kepala SMP Negeri I Bandar Huluan, pada akhir bulan Agustus 2019 ,Emmy Nainggolan,Spd melakukan banyak terobosan,dan berbenah diri di berbagai bidang,demi meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ini.

Selasa (7/4/2020) Kepala Sekolah SMP Negeri Emmy mengatakan bahwa lingkungan sekolah jorok dan pagar sekolah terutama pintu masuk, rusak parah, dengan bertindak cepat dirinya membersihkan lingkungan dan memperbaiki pintu masuk dengan baik. ujarnya.

“kondisi sekolah ini butuh penanganan agar tercapainya proses belajar mengajar yang baik dan mutu pendidikan yang baik juga tentunya” katanya.

Disiplin mengajar para guru pun perlu ditingkatkan, “saya sendiri harus hadir setiap harinya untuk memantau para siswa dalam mengikuti jam jam pelajaran” tambahnya.

Sedangkan masalah yang paling sulit dipecahkan adalah menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang seyogianya dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2020 sampai 4 April 2020, padahal banyak kebutuhan perangkat yang harus dibuat bagi pelaksanaan UNBK, sedangkan RKAS ( Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah ) sudah tersusun dalam Dana Bantuan Sekolah ( BOS ) untuk triwulan II untuk bulan Oktober sampai Desember 2019 oleh kepala sekolah yang saya gantikan,jadi tidak bisa dirobah lagi, ujar Emmy.

Baca Juga :  Tuntut Bebaskan Dua Pejuang, Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Adat Sihaporas Demo Polres dan DPRD


Agar pelaksanaan UNBK dapat berjalan tentunya kita harus mempersiapkan seluruh kebutuhan untuk UNBK seperti Server,tiang tower, perangkat komputer dan jerajak besi sebagai pengaman ruangan serta 20 unit komputer.

Maka untuk itulah “Saya mengundang ketua komite SMPN I Bandar Huluan Abdul Saragih guna membahas tentang bagaimana caranya untuk mencari dana bagi kebutuhan UNBK tersebut” katanya.

Keputusan mengundang orang tua peserta didik guna membicarakan dana gotong royong pada rapat komite tanggal 10 September 2019. akhir nya disepakati bersama dana gotong royong tersebut 121 ribu ,dengan ketentuan bagi yatim piatu dan anak yatim serta orang yang tidak mampu jangan diminta.

Selanjutnya dana yang sudah masuk sekitar 43 persen sekitar 15 juta selanjutnya dibelikan server,lengkap dengan perangkat komputer pemasangan jerajak besi diruang komputer dan tiang tower seluruhnya menghabiskan dana 18 juta.sedangkan dari siswa belum seluruhnya melunasi. Jadi saya nombok sekitar 3 juta.

Seyogianya UNBK digelar pada akhir Maret 2020, UNBK ditiadakan sehubungan dengan merebaknya Corona di Indonesia, itupun kita akan pergunakan wifi tersebut bagi kelas 7 dan 8 dalam melaksanakan Ujian AKM ( assesmen kompetensi murni ), menurut Emmy selalu kepsek data ujian AKM tersebut harus disampaikan ke pusat,sedangkan di Nagori Tanjung Hataran ini jaringan sangat sulit, jadi sangat berguna pemasangan tower tersebut,lagian tutur Emmy,sekarang ini model laporan ke Dinas itu melalui online.
Baca Juga :  Beraksi Di Lokasi Kebakaran, Pelaku Curanmor Diciduk


“Jadi kami berterima kasih atas peran ketua komite yang membantu kami dalam mengatasi berbagai masalah disekolah ini” katanya.

Ketika disinggung dana 225.000 ribu untuk pembelian baju olah raga , Emmy menjelaskan bahwa buku olah raga itu sudah ada dipesan kepala sekolah yang saya ganti,saya hanya membaginya pak,sedangkan dana 10 ribu u tuk foto memang peserta didik pak yang membelinya tidak ada itu dari sekolah,siswalah yang berfoto sendiri,hanya saja supaya mereka tidak jauh ke simpang mangga, makanya kami panggil tukang foto agar lebih memudahkan peserta didik. Demikian wawancara media ini dengan kepala sekolah SMPN I Bandar Huluan,di ruang kerjanya. (TB PURBA/KTN)

Bagikan :