“Road To World Water Forum” USAID IUWASH Tangguh dan SMSI Pematangsiantar Simalungun

Meningkatkan Akses Air Minum Aman, Sanitasi dan higiene (WASH) yang Dikelola dengan Baik

Program USAID IUWASH Tangguh pada FGD yang digelar di Aula Kelurahan Sinaksak, Selasa, (14/5).
Bagikan :

Siantar-Kliktodaynews.com|| USAID IUWASH Tangguh dalam upayanya meningkatkan akses ke air minum, sanitasi dan higiene (WASH) yang dikelola dengan aman di daerah perkotaan terus menjalankan sejumlah programnya di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Salah satunya di Kelurahan Sinaksak, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun. USAID IUWASH Tangguh dan SMSI Pematangsiantar Simalungun mengajak masyarakat Simalungun mengakses air minum aman dan sanitasi aman lewat kunjungan lapangan media SMSI .

Diawali dengan pemaparan tentang program USAID IUWASH Tangguh pada FGD yang digelar di Aula Kelurahan Sinaksak, para peserta yang terdiri dari perwakilan warga pun diajak untuk melakukan kunjungan lapangan ke wilayah pemukiman penduduk di sekitar sana.

Dalam pertemuan yang dibuka langsung oleh Camat Tapian Dolok, Juraini Purba itu diketahui berbagai kondisi dan persoalan yang masih ada di Kecamatan Tapian Dolok, khususnya Kelurahan Sinaksak terkait air minum dan sanitasi aman di sana.

Terungkap bahwa pola hidup masyarakat masih harus banyak dirubah dan dibutuhkan kesadaran bersama terkait pengetahuan dan kemauan untuk menjalani hidup sehat.

Baca Juga :  Polsek Dolok Silau Bantu Warga Kurang Mampu Dampak Covid-19

Kegiatan yang digelar USAID IUWASH Tangguh dengan media tersebut tentunya punya alasan kuat. Di mana dalam pengembangan masyarakat, media berperan signifikan dengan menyajikan informasi perubahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Media merupakan alat yang memiliki kekuatan untuk menyebarluaskan informasi, membentuk opini publik, dan mempengaruhi perilaku yang berujung pada perubahan positif di tengah-tengah masyarakat dan pembangunan.

Dengan peran signifikan tersebut, media diharapkan dapat meningkatkan kontribusinya dalam pengembangan masyarakat dengan memberikan edukasi kepada publik termasuk dalam menyadarkan masyarakat akan pentingnya akses air minum dan sanitasi aman, pengelolaan sumber air serta perubahan perilaku demi mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Dari kunjungan lapangan ke masyarakat di Kelurahan Sinaksak tersebut pula diketahui lebih detil kondisi dan tantangan dalam pemenuhan akses air minum aman dan sanitasi aman di wilayah tersebut.

Selain itu, kegiatan tersebut pun diisi dengan tanya jawab dengan narasumber dari PDAM Tirta Lihou, Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Simalungun.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatangan fakta integritas oleh perwakilan

Baca Juga :  Seorang Warga Tanjung Pasir Simalungun Jatuh dan Terbawa Arus Sungai Bah Tongguran

Kegiatan pun diisi dengan penandatanganan fakta integritas USAID IUWASH Tangguh, Pemerintah Kabupaten Simalungun, PDAM Tirta Lihou, SMSI dan Tokoh masyarakat dalam meningkatkan akses ke air minum, sanitasi dan higiene.

Kegiatan ini dihadiri, Dirut PDAM Tirta Lihou, Dinas Kesehatan Simalungun, Dinas Lingkungan Hidup, Camat Tapian Dolok, Lurah Sinaksak, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama serta tim dari USAID IUWASH Tangguh dan SMSI Siantar-Simalungun. (*)

Bagikan :