Nagori Purbaganda Turut Serta dalam Desa Percontohan Tingkat Provinsi

Acara Evaluasi Desa Percontohan dilaksanakan pada Selasa (26/03/2024) di Lapangan SD N 097340.
Bagikan :

SIMALUNGUN-Kliktodaynews.com|| Nagori Purbaganda merupakan salah satu Nagori yg terpilih utk ikut dalam kontestan Desa Percontohan tingkat Provinsi Sumatera Utara.
Acara Evaluasi Desa Percontohan dilaksanakan pada Selasa (26/03/2024) di Lapangan SD N 097340.
Hadir dalam kesempatan tersebut Tim Evaluasi Provinsi, Tim evaluasi Kabupaten, TP PKK Provinsi, TP PKK Kabupaten, TP PKK Nagori, Para SKPD Kabupaten Simalungun, Camat Pematang Bandar, Pangulu se Kecamatan Pematang Bandar, Maujana Nagori, LPM Nagori, para Perangkat Nagori Purba ganda dan Masyarakat Nagori Purbaganda.

Acara diawali dgn pembacaan doa yg dipimpin oleh Karmen selaku Tokoh Agama Nagori Purbaganda.

Dalam laporannya Sugiman Pangulu Nagori Purbaganda mengatakan, “Kami Pemerintahan mengucapkn selamat datang diNagori Kami Nagori Purbaganda yang luasnya ± 429 ha dan utk persawahan seluas ± 290 ha. Penduduk ± 786 KK serta diNagori kami penghasil ikan lele terbesar di Sumatera Utara”. Kata Pangulu

Dalam sambutannya TP PKK Kabupaten yang di Wakili Debora Hutasoit, “Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran TP PKK yg berupaya utk melaksanakan Desa percontohan PHBS utk melanjutkan ke tingkat provinsi. Dalam kegiatan ini bukan hanya kemenangan yg dicari, namun lebih kepada belajar menyikapi situasi dalam segala permasalahan didaerah masing-masing. Dengan kinerja dan semangat yang kuat, PKK mampu meningkatkan pola hidup sehat di masyarakat. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat me Motivasi agar semakin giat dalam menjalankan fungsinya ditengah-tengah Masyarakat”. Ujar TP PKK Kabupaten.

Baca Juga :  Petik Sepeda Motor Milik Warga Sekampung, Robil di Ringkus Polsek Bangun

SML Simangunsong staf ahli Bid.Pemerintahan dan Kesra mewakili Bupati Simalungun menyampaikan, “Kegiatan Desa Percontohan ini sangat baik dan dapat meningkatkan pembangunan Masyarakat di Kabupaten yg kita cintai ini. Pada kesempatan ini tim akan mengevaluasi sesuai kriteria yang ditetapkan TP PKK Kabupaten dan Kecamatan beserta UPT terkait tlah berupaya secara maksimal dalam memberikan pembinaan dan memfasilitasi dalam Nagori percontohan ini agar menjadi terbaik, pemberdayaan Masyarakat dimulai dari keluarga karena Keluarga ada lembaga Masyarakat terkecil yang sangat menetukan terhadap keberhasilan pemberdayaan Masyarakat di Nagori dan Kelurahan. Untuk itu keberadaan PPK Kabupaten Simalungun sampe ketingkat Dasa Wisma memiliki sasaran strategis sebagai motivator Masyarakat yang berdampak positif demi pencapaian kerja yang gemilang. Dan kegiatan Nagori Percontohan ini bukan hanya mencari yang terbaik saja, tetapi untuk memacu pembangunan di Desa”. Kata Staf ahli dam membacakan amanat Bupati.

Dalam arahannya TP PKK Provinsi ny. Desi Hasanuddin yang diwakili Rosidah Berutu menyampaikan, “Dalam kegiatan Desa Percontohan ini, jika menang ditingkat provinsi, mudah mudahan akan terbawa ke tingkat Nasional. Untuk menjadi terbaik, persaingannya sangat ketat, di Sumatera Utara ada 33 Kabupaten kota, smua maju, tetapi tidak semua bisa ikut kedalam evaluasi di Simalungun ada ikut dalam dua kategori. Jadi semua yang kita lakukan ini bertujuan untuk mensejahterakan Masyarakat secara berjenjang melalui pembangunan sesuai tupoksi kita masing masing. PHBS ini tidak bs terlepas dari bunaan Dinas Kesehatan”. Jelas Rosidah mewakili TP PKK Provinsi.

Baca Juga :  Bupati Simalungun Buka STQ Tingkat Kecamatan Dolok Batu Nanggar

Selanjutnya Ny. Susilawati TP PKK Nagori Purbaganda memaparkan tentang situasi dan kultur Nagori serta berbagai kegiatan PKK Nagori Purbaganda.

Acara diakhiri dengan peninjauan dibeberapa titik PHBS dan kegiatan lainnya hasil dari aktifitas TP PKK Nagori Purbaganda oleh Tim Evaluasi dari Provinsi yang didampingi TP PKK Kabupaten, Camat, TP PKK Kecamatan, Pangulu, TP PKK Nagori Purbaganda dan diikuti para kader PKK Nagori. (LE/KTN)

Bagikan :