Masyarakat Nagori Silaumalaha Gotong Royong Perbaiki Saluran Irigasi

Bagikan :

Simalungun-Kliktodaynews.com||
Bertahun sudah tidak ada perbaikan saluran Irigasi Bendar Baru di Nagori (desa) Silaumalaha kecamatan Siantar kabupaten Simalungun akibatnya massarakat tidak dapat bercocok tanam padi terpaksa beralih fungsi bertanam palawiji jenis jagung dan sayuran.

Melihat kondisi jenis tanaman palawija yang hasilnya sudah tidak seperti yang diharapkan para petani Pangulu (kades) beserta Gamot mengajak massarakat marharoan bolon(gotong royong) untuk memperbaiki dan membersihkan saluran irigasi panjangnya kurang lebih 5500 M.

Program Marharoan bolon di Nagori Silaumalaha di dukung para petani terlihat para petani dengan semangat tinggi melaksanakan gotong royong demi program dapat kembali untuk bertanam padi.Gamot dusun II Amri Sidabutar mengakui memang sudah bertahun massarakat petani Nagori Silaumalaha tidak dapat melaksanakan program bercocok tanam serentak karena saluran irigasi kondisi memprihatinkan.

Lebih lanjut Amri Sidabutar menjelaskan saluran irigasi yang digotong royongkan ini untuk tiga Nagori masing-masing nagori Silaumalaha,Silau Manik dan Marihat Baris diperkirakan dengan luas hamparan lebih kurang 300 hektare dan berharap akan dapat bercocok tanam.

Baca Juga :  Kader PDI Perjuangan Simalungun Berikan Bantuan Bola Volly Beserta Net

Pangulu Nagori Silaumalaha Muliadi mengapresiasi komandan koramil 08 Bangun beserta anggotanya yang turun langsung ikut bekerja membersihkan saluran irigasi,begitu jiga Camat kecamatan Siantar H butar-butar beserta dari PUTR ikut terlibat membersihkan saluran irigasi.

Terpisah Camat kecamatan Siantar H butar-butar mengatakan program marharoan bolon adalah sesuai Visi dan Misi Bupati dan wakil Bupati Simalungun.

Bagikan :