Kapolda Sumut Buka FGD Pembentukan Satuan Kepolisian Kawasan Pariwisata Danau Toba

Bagikan :

SIMALUNGUN – Kliktodaynews.com|| KAPOLDASU IRJEN (Pol) Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi buka Focus Group Discussion (FGD) untuk pembentukan Satuan Kepolisian Kawasan Pariwisata demi mendukung pencanangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba di Aula Sopo Bolon Niagara Hotel Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun. Jum’at (28/01/2022) sekira pukul 17:00 WIB.

Pelaksanaan acara didasari UU No.
2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia, PP No. 5 tahun 2011 Tentang Rencana Induk Pengembangan Nasional,  Perpers No. 81 tahun 2014 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Danau Toba dan Sekitarnya,

Kemudian Perpers No. 49 tahun 2016 tentang Badan Otorita Pengelolaan Kawasan Pariwisata Danau Toba, Perpers Nomor 18 tahun 2020 tentang RPIMN tahun 2020-2024, Proyek Prioritas Strategi Destinasi Super Prioritas Danau Toba dan Perpol Nomor 4 tahun 2018 tentang pembentukan perubahan Tipe Satwil;.

Acara diawali upaca nasional dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan kata sambutan Kapolda Sumut yang mengatakan dalam rangka mendukung Program Pemerintah tentang Proyek Strategis Nasional dan Program Strategis Pemerintah Khususnya peningkatan Kawasan Pariwisata (Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba),
“Beliau akan maju terus mengajak teman-teman BPODT karena ini merupakan Progran Bapak Presiden. Saya sudah datangkan kapal yang besar ke Perairan Danau Toba guna memberikan rasa aman bagi parawisata yang datang,”ujarnya

Selain itu Kapolda juga sudah menyiapkan Polisi Airud, Polisi Pariwisata, Satuan Pengamanan, Brimob, Polisi Berkuda yang dilengkapi dengan satu unit Helikopter di Kawasan Danau Toba ini.

“Saya berharap kita dapat bersinergi dan bergandengan tangan mendukung program ini bekerja sama dengan BPODT. Melihat karakteristik wilayah kita, yang merupakan lining sektornya adalah parawisata menjadi kunci untuk mendongkrak, mengembangkan ekonomi dikawasan Destinasi Super Prioritas Danau Toba”. Tambah Kapolda

Baca Juga :  Jelang New Normal, Ini Kata Kasat PolAir, AKP Candra T. Situmorang

Masih Kapolda. Untuk mewujudkan Pariwisata Internasional hingga kemanca negara, prioritas layanan nomor satu yang diinginkan wisatawan seluruh dunia adalah tentang jaminan rasa aman didukung ketersediaan rumah sakit, kemudahan akses untuk datang ke lokasi wisata sehingga dunia internasional dapat melihat dan mengetahui Danau Toba ini”

Bapak Kapolri sudah memerintahkan kita seluruh jajaran segera menyiapkan rencana yang harus disusun untuk mewujudkan jaminan keamanan dilokasi Destinasi Wisata Super Prioritas.

Delapan Kabupaten bersama dengan Delapan Polres di wilayah yang ada dilokasi Destinasi Super Prioritas Danau Toba harus terintegrasi, dalam system keaman yang terpadu guna menjamin keamanan para wisatawan yang datang berkunjung.

Kemudian jaminan kenyamanan melakukan kegiatan diperairan Danau Toba, jaminan untuk mendapatkan pertolongan dan lain sebagainya. Untuk itu diperlukan Pembentukan Satuan Kepolisian Kawasan Pariwisata (Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba).

“Mari bersama-sama kita dapat merubah kultur yang lebih baik, kultur yang humanis kepada masyarakat, agar orang dapat percaya, senang datang ke Danau Toba ini. Mari bersama kita mendukung Program Pemerintah ini, untuk kita bersama, untuk masyarakat, untuk anak cucu kita kelak, terimakasih,”Pungkas IRJEN (Pol) Drs RZ. Panca Putra Simanjuntakn M.Si.

Usai kata sambutannya, Kapolda Sumut membuka diskusi terkait mengembangkan Kawasan Pariwisata yang terintegritas sehingga perlu dibentuk 1 wilayah yang fokus untuk Otorita Destinasi Pariwisata terkhusus di Kawasan Danau Toba.

Dalam diskusi tersebut pola Pembangunan Kawasan Pariwisata di Danau Toba yakni Pengaturan dan pengendalian tata ruang, Akses dan Konektifitas di terminal, Bandara, dan jalan menuju ke tujuan Wisata Dermaga serta Pelabuhan – pelabuhan.

Fasilitas di lokasi Wisata, penataan pedagang kaki lima, Restoran kecil, dan Toilet (standar bintang empat), Sumber daya manusia (SDM) perlu dilakukan traning/pelatihan untuk meningkatan kualitas SDM, Budaya Kerja, Budaya Melayani dan Budaya Kebersihan, Pemasaran Produk, Promosi 5 DPSP besar-besaran secara Intergrasi serta Tiga kegiatan DPSP yakni Investasi pembangunan Kawasan, Proses Pembangunan dan Pam Objek Wisata.

Baca Juga :  Kehilangan Kendali, Mitsubishi Pajero Terjun Bebas Masuk Parit di Panei Tongah

FGD diikuti Karo Renmin Baharkam Polri BRIGJEN (Pol) Agung Julianto, SIK,.MH sebagai narasumber, Waket Bidakademik STIK Lemdiklat Polri BRIGJEN (Pol) Asep Adi Saputra, SH, MS.i, Danrem 022/Pantai Timur Kolonel (Inf) Parlindungan Hutagalung,

Karo Ops Polda Sumut KOMBES (Pol) Desman Tarigan SH, Karo Rena Polda Sumut KOMBES (Pol) Harries Rudi Harto, SIK.MSi, Karo SDM Polda Sumut KOMBES (Pol) Benny Bawensel, SIK, MH, DIR Intelkam Polda Sumut KOMBES (Pol) Dwi Indra Maulana SIK.MH, Dir Reskrium KOMBES (Pol) Tatan Dirsan Atmaja SIK.MH Kabid Humas Polda Sumut KOMBES (Pol) Hadi Wahyudi, SIK.MH

Kemudian Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto SH.SIK.MH,
Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SIK beserta jajarannya,
Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya, Sik, MH beserta jajarannya,
Kapolres Tapanuli Utara AKBP Ronald Fredy Christian Sipayung SIK. MH beserta jajarannya,

Kapolres Humbahas AKBP Achmad Muhaimin, SIK.MH beserta jajarannya,
Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman, SH.SIK.MM beserta jajarannya,
Kapolres Tanah Karo AKPB Ronny Nicolas Sidabutar, SIK beserta jajarannya dan
Kapolres Pakpak Barat AKBP Rocky H. Marpaung, SIK beserta jajarannya.

Turut dihadiri, Perawakilan Badan Pelaksana Orotita Danau Toba (BPODT), Kepala Pariwisata Provinsi Sumut bersama 8 Kadis Pariwisata Daerah Kawasan Danau Toba, Waka Polres Simalungun KOMPOL Efianto SH.MH, Kabag Ops Polres Simalungun KOMPOL Juni Herimon Situmorang SH, Kabag Ren Polres Simalungun KOMPOL P. Sihombing, Kasat Sabhara Polres Simalungun AKP P. Butar-butar, SH, Kapolsek Dolok Pardamean AKP Sontang, Kapolsek Saribu Dolok IPTU Parulian Sijabat serta Kapolsek Parapat AKP Joni Silalahi SH (BAY/KTN)

Bagikan :