Ibu Hamil di Simalungun Menerima Vaksinasi Covid-19

Bagikan :

2662 dari 3938 orang Ibu hamil di Simalungun menerima vaksinasi.

SIMALUNGUN – Kliktodaynews.com|| Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melakukan kegiatan vakninasi Covid-19 terhadap ibu hamil. Hal ini sejalan dengan  pelaksanaan vaksinasi bagi ibu hamil di Sumatera Utara yang dicanangkan oleh Gubsu di wakili Plt Kadis Kesehatan Provsu dr Aris Yudariansyah MM, di Rumah Sakit USU Medan, Rabu 01/08/2021.

Untuk launching pelaksanaan kegiatan vaksinasi bagi bumil di Simalungun dilakukan oleh Bupati Simalungun diwakili Plt Kadis Kesehatan dr Lidya Rayawati Saragih di Puskesmas Perdagangan Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun,  Sumut.

Menurut kadis Kesehatan Simalungun dr Lidya R Saragih MKes didampingi Kabid Kesehatan masyarakat Kasmiaty Silalahi MKM mengatakan,  pencanangan vaksinasi ibu hamil di Simalungun dilakukan di 29 Puskesmas.

“Sasaran ibu hamil yang bersedia divaksin dan sesuai dengan persyaratan sejumlah 2662 orang dari 3938 orang ibu hamil di Simalungun.  Untuk hari ini akan divaksin sejumlah 700 orang di 29 Puskesmas, dan ketersediaan vaksin untuk ibu hamil di Simalungun masih mencukupi dengan jenis vaksin sinovac,”jelas Lidya.

Baca Juga :  Personil Lapas Kelas IIA Pematang Siantar Gelar Razia Insidentil

Lidya menjelaskan bahwa untuk kegiatan vaksinasi terhadap ibu hamil, selanjutnya dilaksanakan di puskesmas masing-masing sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

“Pada kegiatan vaksinasi ibu hamil di Puskesmas Perdagangan saat ini sebanyak 40 orang dari 103 ibu hamil. Ibu hamil yang di vaksin usia kehamilan 14 sampai 33 minggu,”ujar Lidya.

Untuk vaksin kedua, menurut Lidya dilakukan 28 hari setelah melakukan vasin pertama. “Itu bisa dilakukan di puskesmas masing-masing,”katanya.

Salah satu peserta vaksin, Ajeng warga Nagori Bandar Jawa Kecamatan Bandar mengatakan bahwa awalnya ada rasa was-was sebelum mengikuti vaksin,  apalagi ia mengaku baru hamil anak pertamanya. “Awalnya si sempat cemas takutlah dan was-was kehamilan saya terganggu. Inikan kehamilan anak saya yang pertama,”ujarnya.

Ajeng mengatakan, setelah dirinya diperiksa oleh tim medis dan hasilnya iapun diperbolehkan mengikuti vaksin. “Terimah kasih kepada Pemerintah,  Bapak Bupati, Wakil Bupati yang memberikan layanan vaksin kepada masyarakat secara gratis,”ucap Ajeng yang ditemani oleh orangtuanya.

Pelaksanaan kegiatan vaksinasi rersebut berjalan sesuai dengan protokol kesehatan dan dihadir dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut tenaga medis dan vaksinator dari Puskesmas Perdagangan dr Bernard Tindaon, dokter spesialis kandungan dr Andrian Sinuhaji, Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Simalungun, Dinas PPKB diwakili Herlina Purba. (**)

Bagikan :