Dana Desa Percepat Pembangunan Desa Nagori Naggar Bayu

Bagikan :

Simalungun-Kliktodaynews.com Percepatan pembangunan yang merata untuk desa tertinggal melalui Kementerian Desa melalui anggaran Dana Desa (DD) setiap tahunnya. Agar tidak lagi menjadi daerah yang tertinggal dengan minimnya pembangunan infrastruktur. Namun dengan adanya program DD yang hingga kini masih terus berjalan tampak terlihat suatu perubahan yang positif di setiap Desa/Nagori.

Seperti halnya Nagori Nanggar Bayu, Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun tampak berubah dratis. Sementara jika dilihat dari letak geografisnya seperti Nagori yang terisolasi jauh dari keramaian dan pusat pemerintahan. Dan berbatasan dengan Kabupaten Batu Bara, bahkan salah satu nagori yang belum lama dimekarkan dari Nagori Gunung Bayu.

Dengan adanya kucuran Dana Desa tahap pertama tahun 2020 pemerintahan Nagori Nanggar Bayu melakukan pembangunan infrastruktur rabat beton, Senin (4/5/2020) sekira pukul 09,00 Wib. Pelaksanaannya langsung dipimpin oleh Pangulu Supriadi dihadiri juga oleh Bhabinkantibmas Bripka Surya Atmaja, Babinsa 07 Kopka NR Sianturi, para Gamot, TPK dan para tokoh masyarakat. Dengan hadirnya semua elemen masyarakat dan pamong nagori menunjukan adanya keharmonisan antara pimpinan dan masyarakatnya.

Baca Juga :  Diundang Jemaat HKI Bah Sampuran, RHS Diulosi dan Didoakan Ephorus (Emiretus) Pdt Langsung Sitorus


Pantauan dilokasi sebelum dimulainya pekerjaan, Pangulu bersama Bhabinkantibmas dan Babinsa membagikan masker kepada warga yang turut bekerja. Menurut keterangan Pangulu saat dikonfirmasi, hal kita lakukan bersama agar tidak membuat ketimpangan dan kesenjangan antara Pangulu dan warganya.

“Intinya saya menjadi Pangulu untuk menjadikan Nagori Nanggar Bayu menjadi lebih maju dan meningkatkan  ekonomi merata,”katanya. 

Secara rinci Pangulu juga menyampaikan tentang pengunaan anggaran DD tahap awal sebesar Rp 304,352,400. yaitu untuk pembangunan Rabat Beton di Huta IV sepanjang 43 meter, Huta V sepanjang 213 meter serta penanggulangan Covid-19 serta pemasangan internet. Persoalan banyaknya tenaga yang ikut bekerja Pangulu tidak pernah membatasi jumlahnya, karena dana desa ini adalah juga milik warga. Dan manfaatnya diperuntukan untuk warga kita juga, jadi dalam hal DD ini kita benar benar manfaatkan untuk kemajuan Nagori Nagar Bayu yang maju dan mandiri, ujar Pangulu.

Secara terpisah Desi Arianto dan Bambang selaku warga tetangga saat dikonfirmasi tentang sosok pangulu Nanggar Bayu. Keduanya menerangkan, bahwa Supriadi adalah pangulu yang dihunjuk oleh warganya. Karena ia memiliki jiwa membangun dan berjiwa sosial, sehingga ia menjadi Pangulu dua priode atas permintaan warganya, ujar kedua warga seberang.(MAN/KTN)
Baca Juga :  HUT Ke 61 Pemuda Pancasila PAC Bandar Aksi Sosial Bagi Masker

Bagikan :