Bupati Simalungun Lantik 72 Pangulu Periode 2023-2029, Ini Pesannya

Bagikan :

Simalungun-Kliktodaynews.com|| Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga melantik 72 Pangulu (Kepala Desa) Periode 2023-2029, hasil Pemilihan Pangulu serentak di Kabupate Simalungun pada bulan September 2023 lalu.

Pelantikan tersebut berlangsung di Rest Area Nagori Purba Tongah Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Sumut, Rabu (01/11/2023).

Ditandai dengan penandanganan berita acara pengambilan sumpa janji jabatan, yang disaksikan oleh Kadis PMPN Sarimuda Purba dan Inspektur Daerah Roganda Sihombing serta rohaniawan.

Dilanjutkan penandatanganan fakta integritas oleh Pangulu Yang dilantik bersama Kadis PMPN, serta penyematan tanda jabatan Pangulu oleh Bupati Simalungun.

Dalam sambutannya, Bupati Simalungun mengucapkan selamat kepada pengulu yang dilantik dan semoga jabatan yang diemban menjadi amanah dalam melanjutkan Estapet pemerintahan 6 tahun ke depan.

“Bapak ibu merupakan putra putri terbaik di Nagori masing-masing, untuk itu berbaktilah dan bekerja dengan tulus. Berikanlah yang terbaik untuk masyarakat di nagori masing-masing,”kata Bupati

Lalu, Bupati juga mengajak kepada Pangulu untuk turun ke lapangan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Mari kita turun kelapangan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,”ajak Bupati

Baca Juga :  DPD IPK Simalungun Dilantik Besok di Open Stage Parapat

Selanjutnya Bupati meminta kepada para Pangulu, setelah serah terima jabatan agar langsung action, kerja… kerja…kerja,”tandas Bupati.

Bupati juga mengingatkan kepada para Pangulu agar jangan mempergunakan kekuasaan untuk kepentingan pribadi.

Usai pelantikan, Kadis PMPN Sarimuda Purba melalui Kabid Pemerintahan Nagori Robert Kenedy Silalahi mengataka, 72 Pangulu yang dilantik tersebut, karena Pangulu Periode 2017-2023 telah berakhirnya masa jabatan sampai 30 Oktober 2023.

“Untuk 5 Pangulu belum dilakukan pelantikan karena masa jabatannya berakhir pada bulan Desember 2023 dan Februari 2024. Dan akan dilantik ketika masa jabatan Pengulu sebelumnya berakhir,”jelas Kenedy.

Pangulu yang berakhir masa jabatan hingga Desember 2023 sebanyak 3 Nagori yaitu Nagori Simpang Raya Dasama dan Nagoru Bangun Das Mariah, kedua berada di Kecamatan Panei, dan Nagori Sibunga Bunga Kecamatan Jorlang Hataran.

Untuk pengulu yang berakhir masa jabatannya hingga bulan Februari 2024 sebanyak 2 Nagori yaitu Nagori Lingga Kecamatan Gunung Malela dan Nagori Dolok Sinumbah Kecamatan Huta Bayu Raja.

Tampak hadir antara lain, Forkopimda, Sekda Esron Sinaga bersama para pejabat Tinggi pratama, administrator dana pengawas di Jajaran Pemkab Simalungun, Ketua TP PKK Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny Bernadetha Esron Sinaga dan para keluarga pangulu yang di lantik, serta undangan lainnya. (tim/KTN)

Bagikan :