Wali Kota Siantar Jamu Rombongan APEKSI Komwil I

Bagikan :

Siantar-Kliktodaynews.com|| Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA menjamu rombongan Komisariat Wilayah (Komwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Tugu Pagoda atau Tugu Kemerdekaan Lapangan Merdeka/Taman Bunga, Jalan Merdeka, Jumat (13/10/2023) malam. Jamuan bertajuk Gala Dinner Football Tournament Friendly Match Komwil I APEKSI tersebut tak sekadar makan malam bersama, namun dimeriahkan penampilan adat dan budaya.

Meski sebelumnya hujan deras mengguyur Kota Pematang Sianțar, namun acara Gala Dinner berlangsung lancar dan meriah. Diiringi rintik hujan, tetamu duduk kursi di bawah tenda sembari menikmati sajian makan malam.

Acara yang dihadiri Ketua Komwil I APEKSI yang juga Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM itu, dirangkai juga dengan penyerahan seperangkat pakaian adat Simalungun kepada Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut) yang diwakili Staf Ahli Muhammad Effendi Pohan, serta para wali kota. Seperangkat pakaian adat Simalungun itu diserahkan oleh Partuha Maujana Simalungun (PMS) Cabang Pematang Siantar disaksikan oleh dr Susanti dan Ketua Dekranasda Kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting SH dan diiringi musik Simalungun. Dilanjutkan penyerahan suvenir berupa miniatur Becak Siantar oleh Erizal Ginting kepada para wali kota dan yang mewakili.

Di acara tersebut, dr Susanti dan Erizal Ginting mengenakan pakaian adat Simalungun lengkap dengan Bulang dan Gotong.

Dalam sambutannya, dr Susanti mengucapkan selamat datang kepada
seluruh tamu, para wali kota dan tim sepak bola se-Komwil I APEKSI.

“Ini kepercayaan kepada Kota Pematang Siantar untuk menjadi tuan rumah Pertandingan Persahabatan Sepak Bola Komwil I APEKSI,” kata dr Susanti, seraya menambahkan kegiatan tersebut merupakan momentum untuk mempererat silaturahmi dan kerja sama antar sesama APEKSI.

Baca Juga :  Asner Silalahi-Susanti Dewayani Bapaslon Walikota Siantar Daftar ke KPU Siantar

Kota Pematang Siantar, lanjutnya, terdiri atas aneka ragam latar belakang, budaya, agama, suku, dan ras. Namun perbedaan tersebut justru menjadi kekuatan untuk terus membangun Kota Pematang Siantar yang bermotto Sapangambei Manoktok Hitei, yang artinya bekerja sama untuk mencapai tujuan mulia.

“Kota Pematang Siantar merupakan cerminan aneka budaya suku di Indonesia. Semoga dengan kegiatan ini, akan mewujudkan Pematang Siantar sebagai destinasi, bukan transit. Semoga ini menjadi momen kebanggaan untuk dikenang,” tandasnya.

Sedangkan Ketua Komwil I APEKSI yang juga Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM dalam sambutannya mengatakan, acara Gala Dinner tersebut sangat luar biasa.

“Ini acara luar biasa, meski hujan sempat turun. Penampilan budaya, terutama budaya Simalungun, menjadi pengalaman baru bagi kita semua,” sebut Bobby.

“Luar biasa yang Ibu Wali Kota berikan untuk Komwil I APEKSI. Saya harap kita semakin erat dan akrab,” sambungnya.

Apalagi, kata Bobby, kondisi saat ini membutuhkan kebersamaan antar kota, antar kabupaten, dan antar provinsi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan.

“Agar kita saling kerja sama. Kita berkumpul bukan untuk bersenang-senang, tetapi untuk menyelesaikan persoalan di daerah masing-masing,” ujar Bobby.

Misalnya, persoalan pangan. Kota Medan, katanya, pangan itu tergantung daerah-daerah lainnya di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), bahkan daerah di luar pulau.

Baca Juga :  Beredar Kabar Kasat Narkoba dan Kasat Reskrim Polres Pematang Siantar Dimutasi

“Jadi mari kita buka peluang antar kota untuk kerja sama di bidang pangan, SDM, dan lainnya,” ajak Bobby.

Masih kata Bobby, Komwil I APEKSI mendorong pemerintah kota untuk memberikan ruang, tempat, dan fasilitas kepada masyarakat di wilayah masing-masing untuk kegiatan olahraga, khususnya sepak bola. Sebab olahraga menjadi salah satu cara untuk mengurangi penyalahgunaan narkoba.

“Tahun 2022, Sumut peringkat 1 di Indonesia untuk penyalahgunaan narkoba. Kota Medan termasuk tertinggi. Ini ancaman besar bagi kita semua. Karena itu, kegiatan olahraga dilakukan, salah satunya untuk menghindari penyalahgunaan narkoba,” jelasnya.

Acara diisi dengan penampilan video lagu Indonesia Negeri Tercinta ciptaan Kolonel Inf Agustatius Sitepu SSos MSi yang merupakan Danrem 022/Pantai Timur, pemaparan sejarah Tugu Pagoda atau Tugu Kemerdekaan di Lapangan Merdeka yang menjadi saksi perjuangan masyarakat Kota Pematang Siantar melawan penjajah, disertai pesan, #AyokeSiantar, Destinasi Yes Transit No, penampilan lagu, tarian, fashion show, dan dimeriahkan komika Joel Purba asal Kota Pematang Siantar serta Wanda.

Turut hadir, pimpinan dan anggota DPRD Kota Pematang Siantar, Forkopimda Plus,
Tokoh agama, tokoh masyarakat, dan lainnya.

Sedangkan anggota Komwil I APEKSI yang hadir yaitu Wali Kota Solok, Wali Kota Sibolga diwakili Kadis Kominfo, Wali Kota Medan, Wali Kota Tanjungbalai diwakili Asisten Pemerintahan, Wali Kota Subulussalam, Wali Kota Lhokseumawe diwakili Kadiskoperindag, Wali Kota Pekanbaru diwakili Kadispora, Wali Kota Binjai, dan Wali Kota Batam diwakili Asisten Pemerintahan. (*)

Bagikan :