Sosialisasi Kegiatan PKK-KB-Kes dan Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Kota Pematang Siantar, Ini Pesan Wali Kota

Bagikan :

SIANTAR-Kliktodaynews.com|| Lingkungan bersih dan sehat akan meningkatkan kualitas hidup keluarga dan mencegah stunting. Demikian disampaikan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA diwakili Asisten Administrasi Umum Drs Pardamean Silaen, saat menghadiri sekaligus membuka acara Sosialisasi/Supervisi Kegiatan PKK-KB-Kes, Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (Rumah Sehat) Kota Pematang Siantar Tahun 2023, di Aula Dharma Wanita Kota Pematang Siantar, Selasa (14/11/2023).

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Pardamean Silaen, dr Susanti mengatakan kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk nyata komitmen bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program-program terencana dan berkelanjutan.

dr Susanti menilai, lomba lingkungan bersih dan sehat menjadi wadah bagi masyarakat untuk menunjukkan dedikasi mereka dalam menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan status kesehatan masyarakat. Khususnya dalam upaya meningkatkan kualitas hidup keluarga dan mencegah stunting.

“Seperti program PKK-KB-Kes merupakan pondasi dalam pembangunan keluarga yang tangguh dan sejahtera. Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu- padu dalam mendukung dan melaksanakan program-program tersebut dalam mewujudkan masyarakat yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” sebut dr Susanti.

Lingkungan dan perilaku, lanjut dr Susanti, menjadi faktor terbesar dalam penentuan status kesehatan masyarakat. Indikasi kesehatan prima di antaranya kebersihan air, jamban sehat, memilah air dan sampah, serta bebas jentik nyamuk.

Baca Juga :  Pasca Pemberitaan Narkoba, Rumah Wartawan di Siantar Dibakar OTK

“Lingkungan bersih dan sehat merupakan tanggung jawab bersama, sehingga melalui kegiatan lomba ini diharapkan masyarakat mau dan menyadari serta mampu mengenali, mencegah, juga mengatasi permasalahan kesehatan yang dihadapi. Sehingga dapat bebas dari gangguan yang diakibatkan oleh lingkungan yang tidak mendukung untuk hidup sehat,” terangnya.

“Kepada kelurahan yang turut serta dalam kegiatan lomba, diharapkan benar-benar mengikuti kegiatan sosialisasi/supervisi ini dengan tekun. Sehingga apa yang disampaikan oleh para narasumber dapat diterima dan dimengerti dengan baik,” tutur dr Susanti.

Pada kesempatan tersebut, dr Susanti mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung dan bekerjasama dalam mensukseskan program ini.

“Semoga kegiatan ini memberikan hasil yang positif dan dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus bekerja keras demi kemajuan Kota Pematang Siantar,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Pematang Siantar diwakili Ketua Bidang IV PKK Ny Sari Arri Sembiring mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) yang menyelenggarakan kegiatan tersebut. Dan nanti selanjutnya sampai kegiatan evaluasi dan penentuan pemenang.

Baca Juga :  Geger, Seorang Pedagang di Pasar Horas Siantar Meninggal Mendadak

“Kita ketahui sehat itu mahal. Untuk itu camat, lurah, dan OPD terkait bekerja sama membenahi kelurahan yang mengikuti lomba, dengan melibatkan tokoh masyarakat, Karang Taruna, lansia, seluruh RT, RW, dan Dasa Wisma. Juga pantau kegiatan yang sudah dan belum dilaksanakan. Koordinasi ke OPD terkait. Kegiatan monitoring tim akan turun langsung ke lapangan, perhatikan pengelolaan sampah dan inovasi kebersihan lingkungan, dan lingkungan bersih sudah pasti kita hidup sehat,” terangnya.

Ia berharap semua pihak bekerja sama untuk mencapai visi dan misi Kota Pematang Siantar yang sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.

Kepala Dinas P2KB Kota Pematang Siantar Hasudungan Hutajulu SH dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini dalam rangka akselerasi pencapaian target sasaran kinerja pembangunan dalam bidang Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana), serta penurunan angka stunting, kesehatan, dan 10 Program Pokok PKK di Kota Pematang Siantar Tahun 2023.

Tampak hadir, narasumber, dari Dinas Kesehatan Rasta E Ginting, Dinas Lingkungan Hidup Selamat Sinaga, pengurus TP PKK Kota Pematang Siantar Ny Gandaria Silitonga, para camat dan lurah se-Kota Pematang Siantar, serta para Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Pematang Siantar. (*)

Bagikan :