Program LISA Pil di Kecamatan Siantar Marihat, Semangat Gotong Royong Wujudkan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas

Bagikan :

Advertorial|| Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA mencanangkan program Lihat Sampah Ambil dan Pilah (LISA Pil). Program tersebut diterapkan di delapan kecamatan yang ada di Kota Pematang Siantar dengan melibatkan kelompok-kelompok masyarakat, TNI, Polri, hingga anak sekolah, dengan tujuan turut mewujudkan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.

Sebagai upaya mensukseskan program LISA, Kecamatan Siantar Marihat melaksanakan gotong royong kebersihan di Jalan Parsoburan, tepatnya di depan SMA Negeri 1 Pematang Siantar, Jumat (25/08/2023) yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB.

Kegiatan gotong royong tersebut juga melibatkan masyarakat dari seluruh kelurahan yang ada di Kecamatan Siantar Marihat, Polsek Siantar Marihat, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan siswa-siswi SMA Negeri 1 Pematang Siantar.

Camat Siantar Marihat Henri Gunawan Purba SH di lokasi kegiatan menjelaskan, kegiatan gotong royong kebersihan merupakan salah satu upaya mewujudkan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.

“Saya sebagai camat bersama seluruh kelurahan yang ada di Kecamatan Siantar Marihat sangat mendukung penuh program dari Wali Kota Siantar. Karena program LISA Pil ini merupakan program yang sangat bagus diterapkan. Apalagi dengan gotong royong, kebersamaan untuk menjaga kebersihan dan peduli lingkungan kembali dihidupkan di tengah-tengah masyarakat,” sebut Henri kepada Kliktodaynews.com.

Henri menambahkan, seluruh jajaran kelurahan rutin menggelar kegiatan gotong royong dengan melibatkan masyarakat. Pihaknya fokus bergotong royong, di antaranya di titik yang rawan sampah dan saluran drainase tumpat.

“Instruksi langsung dari Ibu Wali Kota untuk menjalankan program LISA Pil. Kita, kecamatan dan kelurahan menggelar gotong royong di titik yang rawan sampah dan saluran drainase tumpat. Melalui kegiatan ini, kita sembari mengajak masyarakat untuk turut serta dalam kegiatan tersebut dan mengimbau agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungannya,” sebut mantan Lurah Tanjung Tongah Kecamatan Siantar Martoba itu.

Di lokasi kegiatan, Kapolsek Siantar Marihat AKP Robert Santoni Purba SH dan personel Polsek Siantar Marihat ikut serta dalam kegiatan gotong royong kebersihan tersebut.

Saat ditemui, Robert menyampaikan, semangat gotong royong untuk menjaga kebersihan dan merawat lingkungan harus tetap ditanamkan di tengah-tengah masyarakat.

“Gotong royong merupakan warisan dari nenek moyang kita. Dalam hal ini Polri sangat mendukung program Wali Kota Pematang Siantar untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat,” sebut AKP Robert.

AKP Robert menambahkan, ia juga menanamkan kedisiplinan kepada seluruh personel dalam menjaga kebersihan di lingkungan Polsek Siantar Marihat.

“Sebelum apel, biasanya saya bersama personel melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan. Hal ini dilakukan agar seluruh personel memiliki rasa tanggung jawab untuk menjaga kebersihan di lingkungan Polsek Siantar Marihat,” kata AKP Robert. (adv)

Bagikan :