Sinergi OJK Sumut & Satgas PASTI, Memberantas Aktivitas Keuangan Ilegal

Bagikan :

MEDAN, Klliktodaynews.com||  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan kegiatan Capacity Building Satuan Tugas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal Daerah Sumatera Utara (Satgas PASTI) di Medan.

Kegiatan bertujuan untuk memperkuat sinergi anggota Satgas PASTI dalam mengatasi dan memberantas berbagai aktivitas keuangan ilegal di wilayah Sumatera Utara.

Dihadiri oleh para anggota Satgas PASTI yang berasal dari perwakilan Kementerian dan lembaga terkait, termasuk Bank Indonesia, aparat penegak hukum, dan Organisasi Perangkat Daerah.

Dibuka oleh Kepala OJK Provinsi Sumatera Utara sebagai Ketua Satgas Pasti Daerah Sumatera Utara, Khoirul Muttagien yang menekankan pentingnya upaya bersama dalam menghadapi ancaman keuangan ilegal yang semakin kompleks dan berpotensi merugikan masyarakat.

“Satgas PASTI yang dahulu dikenal dengan Satgas Waspada Investasi (SWI) dibentuk baik di tingkat pusat maupun daerah, dengan anggota terdiri dari 16 kementerian/lembaga,” ujarnya, melalui keterangan tertulis yang diterima, Kamis (29/8/2024).

Dikatakannya, keberadaan Satgas PASTI ditegaskan dalam Undang Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan aktivitas keuangan ilegal di berbagai sektor yang dapat menimbulkan risiko dan kerugian bagi masyarakat serta stabilitas sistem keuangan secara keseluruhan.

Melalui Satgas PASTI, berbagai tindakan pencegahan dan penanganan dapat dilakukan secara lebih efektif dan terkoordinasi,” ucapnya.

Peran Satgas PASTI dalam Pencegahan dan Penanganan Aktivitas Keuangan Ilegal serta Proses Perizinan Perusahaan Pergadaian.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi kepada pelaku usaha pergadaian yang ada di Sumatera Utara dengan tujuan agar pelaku usaha, pergadaian di Sumatera Utara dapat memproses perizinan usaha pergadaiannya kepada OUK.

Harapannya, kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kapasitas Satgas PASTI, tetapi juga memperkuat kolaborasi antar lembaga dalam menghadapi aktivitas keuangan ilegal yang kian berkembang.

Dengan adanya kegiatan ini, Satgas PASTI dapat menjalankan tugasnya dengan lebih efektif, melakukan pencegahan dan memberikan perlindungan yang lebih baik kepada masyarakat serta memastikan stabilitas sektor keuangan di Sumut. (SGH)

Bagikan :