OJK Kukuhkan Khoirul Muttaqien Untuk Perkuat Peran Pengembangan Ekonomi Daerah

Bagikan :

MEDAN – Kliktodaynews.com|| Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar Pengukuhan Kepala OJK Provinsi Sumatera Utara selaku Koordinator Wilayah Sumatera Bagian Utara yang baru Khoirul Muttaqien menggantikan Bambang Mukti Riyadi di Aula Tengku Rizal Nurdin – Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Medan, Kamis (25/7/2024).

Pengukuhan dilakukan oleh Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif, dan Bursa Karbon OJK Inarno Djajadi yang disaksikan oleh Pj. Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni serta turut dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Sumut, perwakilan Pemerintah Kabupaten/Kota, Pimpinan Industri Jasa Keuangan, Akademisi, dan Tokoh Masyarakat di wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif, dan Bursa Karbon OJK Inarno Djajadi dalam sambutannya menekankan signifikansi peran dan kolaborasi OJK di daerah dengan seluruh pemangku kepentingan, khususnya pemerintah daerah, dan utamanya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk mendukung stabilitas dan pertumbuhan ekonomi dan akses keuangan yang semakin baik di Regional Sumatera Bagian Utara.

“Keberadaan Kantor OJK di daerah memegang peranan yang sangat penting sebagai ujung tombak dalam mengeksekusi berbagai program dan kebijakan strategis OJK,” ujar Inarno.

Lebih lanjut Inarno berpesan agar Kepala OJK Provinsi Sumatera Utara dapat membawa reputasi OJK di Regional Sumbagut sebagai otoritas yang andal, kredibel, adaptif terhadap setiap tantangan dan amanah Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Jasa Keuangan.

Inarno juga menyampaikan agar OJK Provinsi Sumatera Utara dapat semakin intensif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara melalui akses keuangan yang lebih baik dan strategi yang extraordinary, namun tetap sesuai ketentuan dan mengedepankan integritas, dedikasi dan profesionalitas, sehingga terwujud tata kelola yang baik dan mampu menjadi role model sesuai prinsip-prinsip tata Kelola di OJK.

Pj. Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada OJK Provinsi Sumatera Utara atas sinergi dan kontribusinya selama ini dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di Sumatera Utara.

“Kepada Kepala OJK yang baru kiranya mampu menjaga amanah dan dapat melanjutkan kerjasama yang harmonis dan berkesinambungan dengan seluruh pemangku kepentingan di daerah. Selain itu, satuan kerja di OJK agar mendukung pimpinan yang baru bekerja penuh integritas, dedikasi dan profesionalisme,” harap Agus.

Sementara itu, Agus Fatoni juga menyampaikan bahwa acara ini menjadi momentum yang penting untuk terus memperkuat sinergitas ke depan.

“Harapannya, OJK Provinsi Sumatera Utara terus melanjutkan sinergitas dan kerjasama yang telah terbangun, antara lain dalam hal meningkatkan literasi dan inklusi keuangan daerah melalui program-program TPAKD yang selama ini telah berjalan, mendorong perluasan akses pembiayaan kepada pelaku UMKM dan sektor-sektor produktif lainnya, serta mendukung program-program unggulan yang ada di Provinsi Sumatera Utara,” ujar Agus.

Sementara itu, Kepala OJK Provinsi Sumatera Utara Khoirul Muttaqien menekankan pentingnya kolaborasi antara OJK dan pemerintah daerah untuk menciptakan kondisi ekonomi yang kondusif. KOJK akan terus berupaya untuk mendukung program-program pemerintah daerah, baik melalui penguatan sektor jasa keuangan maupun melalui inisiatif-inisiatif yang mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

Melalui sinergi yang kuat, OJK berkomitmen untuk mendorong Sumatera Utara mencapai target pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.

“KOJK Sumatera Utara juga akan mengedepankan fungsi edukasi dan literasi keuangan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang produk dan layanan keuangan. Dengan pengetahuan yang lebih baik, masyarakat diharapkan dapat lebih bijak dalam mengelola keuangan, yang akan berdampak terhadap kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat,” kata Muttaqien.

Hari ini, Khoirul Muttaqien resmi memulai masa jabatannya dengan komitmen untuk memperkuat peran OJK bukan hanya sebagai pengawas lembaga jasa keuangan, namun juga sebagai mitra strategis pemerintah daerah dalam mengembangkan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Provinsi Sumatera Utara. (SGH)

Bagikan :