Edy Rahmayadi : Apa Kontribusi Periset untuk Sumatera Utara ?

Pelantikan Pengurus Perhimpunan Periset Indonesia (PPI) Wilayah Sumatera Utara Periode 2022 - 2025 di Gedung Aula Raja Inal, Kantor Gubernur Sumatera Utara Jln. Pangeran Diponegoro No. 30 Medan (4/4/2023).
Bagikan :

SUMUT – Kliktodaynews.com|| Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meminta para periset agar membuat program yang inovatif dalam menjawab kebutuhan mendasar pembangunan. Kolaborasi riset menjadi sangat penting dalam menumbuhkannya, namun periset lah yang seharusnya lebih peka dan aktif untuk mengangkat tema-tema riset apa saja yang cocok dikerjasamakan demi pembangunan berkelanjutan di Provinsi Sumatera Utara.

Hal ini diminta gubernur saat memberikan sambutan yang diwakilkan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Bapak Dr. H. Agus Tripriyono,SE, M.Si, Ak, CA., saat menghadiri pelantikan Pengurus Perhimpunan Periset Indonesia (PPI) Wilayah Sumatera Utara Periode 2022 – 2025 di Gedung Aula Raja Inal, Kantor Gubernur Sumatera Utara Jln. Pangeran Diponegoro No. 30 Medan (4/4/2023).

Bagi Edy, segala kebijakan yang diambil pemerintah harus berbasis riset yang mendalam. Karena bila dihadapkan dengan upaya fokus memahami kebutuhan publik, riset dapat mengubah pelayanan publik ke hal yang lebih baik, lebih responsif, dan lebih efisien.

Sementara itu Dr. Andi Tarigan, SP, M.Si., selaku Ketua PPI Wilayah Sumut terpilih menyatakan kalau PPI wilayah Sumatera Utara akan berkomitmen untuk menjalin kerjasama dengan 33 Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Daerah (Bappelitda) se-Sumatera Utara, Dinas se-Pemprovsu, Universitas, dan stakeholder lainnya. ” Anggota PPI wilayah Sumatera Utara dengan berbagai bidang kepakaran, tentu dapat berkontribusi aktif dalam menjalin kerjasama riset dengan pemerintah provinsi Sumatera atau dengan pemerintah kabupaten / kota ” imbuhnya.

Kepada para anggota PPI wilayah Sumatera Utara, Andi meminta agar semua periset ikut berperan aktif mendukung kepengurusan PPI periode ini melalui program-program yang akan segera dimatangkan melalui tahapan diskusi program-program organisasi dalam waktu dekat ini.

Menurut Andy, perkembangan teknologi informasi komunikasi telah semakin membuka cakrawala fungsi dan aktivitas manusia yang terelaborasi dalam dunia maya, tak terkecuali dalam aktivitas penelitian.

“Sumut ini besar, saya tak bisa sendirian memajukan riset dengan bidang-bidang yang saya pahami saja, kita harus melakukan riset secara kolaboratif baik dengan institusi pemerintah maupun pihak swasta” tegasnya yang diamini para undangan.

Peserta pengukuhan di hadiri perwakilan dari PPI Pusat dan lebih dari lima puluh anggota PPI Wilayah Sumatera Utara. Undangan perwakilan dating dari berbagai elemen institusi pemerintah dan lembaga masyarakat yang ada di Sumatera Utara. Adapun susunan pengurus PPI Wilayah Sumatera Utara Periode 2022-2025 :

Pembina : Gubernur Sumatera Utara

Dewan Penasehat : Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si., Prof. Abu Rokhmad, M.Ag., Prof. Dr. Retna Astuti Kuswardani, MS., Ir. Simon Petrus Ginting, MSc, Ph.D., Musfal, SP, MP., Dr. Simon Elieser Sinulingga, M.Si., Dr. Wanda Kuswanda, S.Hut, M.Sc., Ir. Palmarum Nainggolan, M.S., dan Nenggih Susilowati, S.S, M.I.Kom.

Ketua : Dr. Andi Tarigan, SP, M.Si. Wakil Ketua I : Dr. Eka Nam Sihombing, SH, M.H. Wakil Ketua II : Ir. M. A. Girsang, M.D.M.
Sekretaris : Andryan, SH, M.H. Wakil Sekretaris I : Tommy Purba, STP, M.P. Wakil Sekretaris II : Vivi Aryati, STP, M.P.
Bendahara : Cyntia Adita, SH. M.H. Wakil Bendahara I : Dr. Evawaty Sri Ulina, SP., M.Agr.Sc. Wakil Bendahara II : Dorkas Parhusip, SP.

Kordinator Bidang :
1. Hukum, HAM, dan Advokasi : Dr. Vita Cita Emia Tarigan, SH. L.L.M.
2. Komunikasi dan Informasi : Dr. Defri Elias Simatupang, S.S, M.Si.
3. Kekayaan Intelektual : Prof. Dr. Elisa Julianti, M.Si.
4. Penerbitan dan Publikasi Ilmiah : Rospita O.P. Situmorang, STP., M.Eng., Ph.D.
5. Sinergi dan Kerjasama Antara Lembaga : Setia Sari Br Girsang, SP, MP, Ph.D.
6. Peningkatan SDM : Deddy Romulo Siagian, SP, MSc, Ph.D.

Bagikan :