Dinkes Kota Medan Imbau Warga Medan Tetap Waspada Mpox

Bagikan :

MEDAN, Kliktodaynews.com||  Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Yuda Pratiwi Setiawan menegaskan hingga saat ini belum ada laporan kasus MPox (Monkeypox) di Kota Medan.

Meskipun demikian, Dinas Kesehatan tetap mengimbau masyarakat untuk waspada mengingat penyakit ini telah masuk ke Indonesia dengan catatatn terakhir 88 kasus terdeteksi.

“Kita tetap waspada, tetapi tidak perlu berlebihan. Saat ini, fokus kami adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya dan gejala MPox. Masyarakat harus paham, karena jika mereka tidak mengetahui gejalanya, penyakit ini bisa saja menyebar tanpa disadari,” ujar Yuda, Kamis (29/8/2024) di ruang kerjanya.

Peran puskesmas menjadi sangat penting dalam penyebaran informasi ini. Sebagai perpanjangan tangan Dinas Kesehatan, puskesmas di seluruh wilayah Medan akan bertanggung jawab untuk menyosialisasikan informasi terkait MPox, selain penyakit lain seperti DBD dan TBC.

“Sosialisasi ini akan dilakukan melalui kelurahan, kepala lingkungan, serta kegiatan posyandu,” ujar Yuda.

Upaya pencegahan di bandara, Yuda menjelaskan bahwa belum ada arahan dari Kementerian Kesehatan untuk melakukan tindakan khusus seperti yang dilakukan selama pandemi Covid-19. “Sampai saat ini, belum ada warning dari kementerian untuk melakukan hal tersebut,” ungkapnya.

MPox sendiri diketahui memiliki gejala yang mirip dengan penyakit kulit lainnya, seperti munculnya lepuhan yang berisi cairan. Penyakit ini utamanya menular melalui kontak kulit ke kulit, terutama jika ada cairan dari lepuhan yang terpapar. Namun, untuk memastikan seseorang terinfeksi MPox, dibutuhkan pemeriksaan laboratorium lebih lanjut.

“Demam juga bisa menjadi salah satu gejala awal yang muncul, makanya penting melakukan pemeriksaan,” kata Yuda.

Dia juga berharap, penyakit ini tidak akan menyebar di Kota Medan. “Kita berharap Medan tidak terdampak, tetapi kita tetap siap siaga. Jika diperlukan, langkah-langkah tambahan, seperti penjualan sarung tangan sebagai tindakan pencegahan, akan kami pertimbangkan,” jelasnya.

Dinas Kesehatan Kota Medan akan melakukan pemantauan situasi dan memberikan informasi terbaru kepada masyarakat terkait Mpox. (SGH)

Bagikan :