Dinas Kominfo Humbahas Ikuti NCE #9 di Medan

Bagikan :

SUMUT – Dinas Kominfo Pemerintah Kabupaten Humbahas (Humbang Hasundutan) diwakili Kabid Informatika Frengki MR Simanjuntak, Kabid Komunikasi Verikasi Sinaga, Kasi Statistik dan Persandian Rukmunal H Siregar, Kasi Penyelenggaraan E.gov Dudut Iwantoro bersama Programmer Jimmy Sihaloho ikut menghadiri National Cyber Exercise (NCE) #9 di Medan, 22-24 Oktober 2024.

Kegiatan yang diselenggarakan BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) ini guna meningkatkan kapasitas kewaspadaan nasional terhadap adanya insiden siber.

NCE merupakan kegiatan Rencana Kerja Prioritas (RKP) yang dilaksanakan BSSN dengan target di tahun 2024 melatih 5.258 personil dibidang keamanan siber.

Dijelaskan,Kegiatan NCE ini terdiri atas 3 (tiga) sub komponen yaitu Cross Sectoral Cyber Exercise, Table Top Exercise dan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) Day.

NCE dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan wawasan stakeholder dalam rangka persiapan penanganan dan pengelolaan insiden, baik secara teknikal dan manajerial.

Meningkatkan kapabilitas dan pemahaman stakeholder dalam regulasi keamanan siber serta dalam melakukan respons dan penanggulangan insiden siber. Termasuk melakukan kolaborasi, kerjasama, koordinasi dan berbagi informasi terbaru terkait insiden yang terjadi dan juga dapat mereduksi risiko.

Acara dibuka Gubsu diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pembangunan Masyarakat Ir Suherman didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas Sitorus MPd bersama Direktur Operasi Keamanan Siber, Deputi Bidang Operasi Keamanan Siber dan Sandi BSSN, Andi Yusuf MT.

Bagikan :