Danau Toba Rally 2021 : Bangkitkan Destinasi Wisata Sumut

Bagikan :

MEDAN – Kliktodaynews.com|| Kejuaraan Danau Toba Rally 2021 di Hutan Tanaman Industri (HTI) PT. Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) kawasan Aek Nauli, Kabupaten Simalungun Sumatera Utara tinggal menghitung hari.

Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut selaku penyelenggaran event nasional ini, berupaya maksimal dalam memberikan yang terbaik, demi suksesnya kegiatan Rally Nasional pada 11-12 Desember 2021.

Ketua Pengprov IMI Sumut H. Harun Mustafa Nasution mengatakan kegiatan Danau Toba Rally tahun ini sangat spesial dan penuh semangat.

Karena selain akan menjadi cikal bakal kembali bergulirnya Kejuaran Rally Tingkat Dunia di Sumut, kegiatan ini juga didukung oleh pemerintah dan pihak swasta.

“Alhamdulillah sampai saat ini persiapan terus dilakukan untuk hasil yang terbaik. Kita juga bersyukur event kali ini banyak didukung sejumlah pihak, salah satunya pihak TPL yang sangat antusias memberikan dukungan dalam acara ini,” ungkap Harun.

Lebih lanjut Harun mengatakan Danau Toba Rally 2021 dengan lokasi SS (Special Stages/trayek khusus) di kawasan HTI TPL memiliki sejarah yang sangat berarti bagi para perally.

Baca Juga :  Pilkada Serentak Di Sumut Disebut Istimewa, Ini Alasannya

Event terakhir kali berlangsung pada tahun 1997 WRC (World Rally Championship) .

“Kawasan HTI Aek Nauli TPL memiliki lokasi rute terbaik di dunia dan sudah diakui para atlit rally papan atas dunia.

Sehingga kita sebagai masyarakat Indonesia dan khususnya Sumatera Utara harus bangga dengan daerah ini,” sebut Harun, Minggu sore (5/12/2021) pasca rapat kordinasi antara IMI dan TPL di Medan.

Danau Toba Rally 2021 juga diharapkan mampu memberikan nilai positif bagi perekonomian masyarakat Sumatera Utara, sekaligus sebagai semangat baru bagi kebangkitan Destinasi Pariwisata pasca pandemic Covid-19.

Ketua Panitia Danau Toba Rally 2021 Mahyudanil mengatakan sampai saat ini panitia telah menerima 56 atlet rally di Indonesia, berikut dengan para crew dan mekanik mesin.

Para peserta kejuaraan mengikuti putaran 1 kejurnas pada hari pertama, dan putaran ke- 2.

“Hari 1 memperlombakan 6 SS dengan jarak tempuh total 79,46 km, dan hari kedua juga 6 SS dengan jarak tempuh 78,90 km. Danau Toba Rally 2021 menentukan siapa pereli terbaik tahun ini, karena ada banyak poin kejurnas diperebutkan,” tutur Mahyudanil di dampingi Sekretaris Panitia Edwin Nasution.

Baca Juga :  TIM PEGASUS POLRESTABES MEDAN TEMBAK PELAKU CURANMOR

Menurut Mahyudanil saat ini para peserta dan crew pembalap, telah tersebar disejumlah hotel di kawasan Prapat Simalungun sampai akhir balapan berlangsung. Sehingga diharapkan dapat mendongkrak prekonomian di kawasan tersebut.

“Kegiatan reli di Danau Toba ini juga diharapkan mampu menghadirkan multiplayer efek dalam peningkatan ekonomi masyarakat sekitar. Dengan program sport tourisme dari Dinas Pariwisata Sumut, diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba yang merupakan destinasi wisata prioritas nasional,” katanya.

Sementara itu Direktur TPL Jandres Silalahi menyambut dengan hormat dan mendukung penuh terlaksananya event nasional Danau Toba Rally 2021. Hutan Tanaman Industri dalam PT Toba Pulp Lestari di kawasan Danau Toba dengan potensi rute rally di dalamnya, merupakan kebanggaan Sumatera Utara dan Indonesia.

“Event Danau Toba Rally 2021 ini diharapkan dapat mendorong kebangkitan ekonomi Sumatera Utara, olahraga nasional, pariwisata Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas, dan alam Indonesia yang dikelola dalam komitmen berkelanjutan,” tutur Jandres(*)

Bagikan :