Cek..Apakah Anda Termasuk Penerima Listrik PLN Gratis atau Discount? Ini Arti Kode R1, R1T, R1M, dan R1MT

Contoh Rekening listrik 900VA kode M1 Va
Contoh Rekening listrik 900VA kode M1 Va
Bagikan :

Medan-Kliktodaynews.com Presiden Joko Widodo dalam hal pembebasan pembayaran listrik 3 bulan, PLN langsung menyiapkan teknis pelaksanaan. Hal tersebut dilakukan untuk 24 juta pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan memberikan diskon 50 persen bagi 7 Juta pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi.

Keringanan biaya listrik ini akan berlaku selama tiga bulan yakni April, Mei, dan Juni 2020. Hal ini dilakukan sebagai tindakan konkrit dan kepedulian PLN dalam upaya untuk meringankan beban masyarakat akibat wabah pandemi Covid-19.

Manajer Strategi Pemasaran PLN Sumut Hasiholan Purba menyampaikan bahwa pembatasan yang dilakukan karena Covid-19 berdampak pada kondisi perekonomian masyarakat di Indonesia, tidak terkecuali di Sumut. Banyak penduduk kehilangan pekerjaan atau berkurangnya penghasilan karena bencana non alam ini.

Sedangkan data pelanggan yang mendapatkan keringanan tersebut, kata Hasiholan, berdasarkan data terpadu dari Kemendes. Jika belum, maka masyarakat bisa mengajukan permohonan ke kantor kelurahan atau kecamatan setempat. Nantinya akan didata petugas untuk diusukan ke Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Baca Juga :  Polda Sumut Bongkar Perdagangan Bayi di Medan


“Kemudian akan ada survei, kalau bapak/ibu layak, itu akan dimasukkan. Jadi bukan kami yang menentukan dapat subsidi atau tidak,” sebutnya, sekaligus menyampaikan bahwa kebijakan ini akan berjalan selambatnya 11 April mendatang.

Sedangkan pertanyaan mengenai informasi keringanan ini katanya, pertama dengan WA ke 081-22-123-123. Pelanggan bisa ketik angka 1, nanti akan ada balasan. Kemudian warga diminta memasukkan nomor identitas atau nomor meteran listrik. Selanjutnya akan dibalas apakah warga dimaksud menerima keringanan atau termasuk dalam golongan yang mampu/tidak mampu.

“Kalau melalui website PLN www.pln.go.id di sana ada layanan diskon, di sana ada stimulus dari pemerintah terkait Covid-19. Tinggal memasukkan nomor meterannya,” tambahnya.

Arti Kode R1, R1T, R1M, dan R1MT

Dari keterangan di atas, pelanggan prabayar 900 VA yang mendapat diskon hanya yang bersubsidi. Lantas bagaimana cara mengetahui apakah Kita termasuk 900 VA subsidi atau bukan?

Silahkan pahami kode berikut:

A.Yang dapat gratis & diskon:

R1/ 450 VA (gratis)

R1T/ 450 VA (gratis)

Baca Juga :  Farhan Lubis Tewas Dianiaya Geng Motor, Pelaku: Saya Menyesal, Gak Ada Niat Menghabisi Nyawa Korban


R1/ 900 VA (diskon)

R1/T 900 VA (diskon)

B.Yang tidak dapat diskon

1.R1M/ 900 VA

2.R1MT/ 900 VA

Keterangan:

Berikut keterangan tiap kode:

R: Rumah tangga

M: Mampu/ tidak bersubsidi

R1: buat pascabayar

R1T: buat prabayar (token)

R1M: buat pascabayar yang Mampu

R1MT: buat prabayar yang Mampu

Jadi jangan bingung segera check kode di struk pembayaran.
Bagikan :