Lasro Marbun Pjs Bupati Samosir, Harianto Butar-Butar sebagai Pjs Bupati Toba

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik 10 Penjabat Sementara (Pjs) Bupati/Walikota di Pendopo Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman, Medan, Jumat (25/9).
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik 10 Penjabat Sementara (Pjs) Bupati/Walikota di Pendopo Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman, Medan, Jumat (25/9).
Bagikan :

Medan – Kliktodaynews.com Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik 10 Penjabat Sementara (Pjs) Bupati/Walikota di Pendopo Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman, Medan, Jumat (25/9). Para Pjs tersebut akan menggantikan bupati/walikota definitif yang cuti selama masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Adapun Pjs Bupati/Walikota yang dikukuhkan antara lain Kepala Biro Otonomi Daerah dan Kerjasama Basarin Yunus Tanjung sebagai Pjs Bupati Asahan, Asisten Administrasi Umum dan Aset M Fitriyus sebagai Pjs Bupati Labuhan Batu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Dahler Lubis sebagai Pjs Bupati Mandailing Natal, Kepala Dinas Tenaga Kerja Harianto Butar-Butar sebagai Pjs Bupati Toba, Inspektur Lasro Marbun sebagai Pjs Bupati Samosir.

Gubernur menekankan para pejabat yang dikukuhkan menjadi Pj dan Pjs kepala daerah, agar menjaga netralitas pada saat Pilkada serentak 2020. “ASN harus netral. Sekali lagi saya ingatkan ASN harus netral, baik anda sebagai penjabat maupun Pjs. Dengan kenetralan ini saya kira pesta demokrasi ini menjadi baik,” ujarnya. Selain itu, Pj dan Pjs kepala daerah juga diharapkan senantiasa mengingat batasannya, bahwa jabatan ini hanya sementara. “Jaga batasan yang diberikan kepada anda. Anda bukan bupati, tapi anda penjabat bupati dan Pjs. Saya yakin saudara-saudara tahu itu. Lakukan tugas ini untuk mengantar sampai terdapatnya bupati dan walikota yang definitif,” kata Gubernur.

Baca Juga :  Kasus OTT Dinas Pendapatan Siantar, Polda Sumut Selidiki Kemungkinan Tersangka Lain


Pjs Bupati Samosir Lasro Marbun mengatakan akan melaksanakan perintah Gubernur dalam hal netralitas maupun menjaga kondusifitas Pilkada pada masa pandemi. Menurutnya, pesta demokrasi haruslah dilaksanakan secara terhormat dan mulia. “Jadi saya sebagai penjabat sementara dalam waktu singkat tentu akan menjaga itu, supaya Sumatera Utara menjadi punggawa terdepan dalam penyelenggaraan pilkada,” ujar Lasro.

Turut hadir pada kesempatan itu Sekretaris Daerah Provinsi Sumut R Sabrina, Forkopimda Pakpak Bharat, serta para tamu undangan. Acara yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan berlangsung tertib dan lancar. (RED/KTN)

Bagikan :