Kolaborasi Bawaslu Sumut dan Jurnalis Dorong Partisipatif Pengawasan di Pilkada 2024

Bagikan :

MEDAN – Bawaslu Sumut mendorong seluruh lapisan masyarakat, termasuk awak media atau jurnalis, untuk berkolaborasi berperan dengan partisipatif pengawasan dan pencegahan pelanggaran di Pilkada Serentak 2024.

Hal itu, diungkapkan oleh Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat, Data Informasi Bawaslu Sumut, Saut Boangmanalu menggelar rapat dalam kantor (RDK) Sinergi Pemberitaan Bawaslu dengan Media Jurnalis Pada Pemilihan Tahun 2024, digelar di Kantor Bawaslu Sumut, di Kota Medan, Rabu 18 September 2024.

“Bahwa RDK ini, akan terus dilakukan untuk merangkul semua pihak dan mendorong peran partisipatif pengawasan, dan pencegahan pelanggaran Pemilihan Serentak 2024,” ucap Saut.

Dalam kegiatan ini, juga dihadiri oleh Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumatera Utara, Erris J Napitupulu, Staff Divisi Hubungan Masyarakat, Data Informasi Bawaslu Sumut, Allen Sihotang SH dan Priay Hasugian serta belasan jurnalis di Kota Medan.

Lanjut, Saut mengintruksikan jajarannya, di Bawaslu Kabupaten/Kota, Panwascam hingga PKD, untuk berperan merangkul lapisan masyarakat, dalam pengawasan hingga pencegahan di Pilkada 2024. Agar tercipta Pemilu yang jujur, adil dan aman.

“Kita berharap bukan hanya ditingkatan Sumut akan tetapi di jajaran Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga Desa. Diminta terus lakukan upaya pencegahan pelanggaran, termasuk dengan merangkul seluruh media untuk meningkatkan berita-berita yang bersifat edukatif dan mencerdaskan pembaca dalam menghadapi Pemilihan serentak 2024,” jelas Saut.

Sementara itu, Ketua SMSI Sumut, Erris J Napitupulu, mengingatkan seluruh media di Sumut, ikut serta dalam mengedukasi masyarakat dalam Pilkada serentak 2024, untuk cerdas menyikapi dinamika politik di Pilgub Sumut 2024.

Bagikan :