Kapoldasu Turun Langsung ke Dairi Pastikan Pilkades Serentak Kondusif, di Desa Bertungen Julu Sempat ada Riak

Bagikan :

DAIRI – Kliktodaynews.com|| PASTIKAN Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021yang digelar Pemerintah Kabupaten Dairi di 106 desa berjalan kondusif, Kapolda Sumatera Utara IRJEN (Pol) Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi menggunakan Helikopter Polri dari Mapolda Sumut berangkat ke Dairi memantau situasi keamanan pesta demokrasi di wilayah iini, Kamis (25/11/2021)

Kehadiran Kapoldasu adalah sebagai bentuk tanggung jawab untuk mengantisipasi terjadinya potensi kerawanan selama Pilkades di Kabupaten Dairi dan sebagai dukungan moral kepada personil TNI Polri Sumatera Utara yang diterjunkan untuk pengamanan di wilayah ini.

Tiba di Dairi Kapoldasu yang didampingi Karo Ops KOMBES (Pol) Desman Tarigan, Dansat Brimob KOMBES (Pol) Suheru, Dir Binmas KOMBES (Pol) Sofyan, Kabid Humas KOMBES (Pol) Hadi Wahyudi dan Wadir Sabhara AKBP Benny Hutajulu disambut hangat unsur Forkopimda Kabupaten Dairi.

Selanjutnya, rombongan Kapoldasu bersama Bupati Dairi, Danyon 125/Simbisa, Kajari Dairi serta Kasdim menuju Dusun I dan II di Desa Pegagan Julu VI Kecamatan Sumbul.

Di desa ini Kapoldasu beserta rombongan melakukan peninjauan TPS 01 dan 02 yang masih melaksanakan pemungutan suara. Kapolda menghimbau warga agar dalam tetap mematuhi Protokol Kesehatan karena situasi masih dalam Pandemi Covid-19.

Diberbagai moment pada kehadirannya ini, Kapolda Sumut selalu menyapa hangat termasuk kepada warga yang telah menyalurkan hak pilihnya sembari berpesan agar tetap menjaga tali silaturahim dan persaudaran.

Baca Juga :  KAPOLRES SIMALUNGUN AKBP HERIBERTUS OMPUSUNGGU MENJEGUK WARGA KORBAN KERACUNAN DAGING ANJING DI TIGA BALATA

“Siapapun yang terpilih tetap jaga persaudaraan. Jangan karena berbeda pilihan malah menimbulkan perpecahan. Karena hal itu hanya membuat rugi kita semua. Saya harap kepada Kepala Desa terpilih nantinya harus mampu merangkul seluruh warganya,” Pesan IRJEN (Pol) Panca Putra

“Pilkades ini Demokrasi riil, jadi masyarakat harus menyalurkan suaranya dengan baik, saling menjaga persaudaraan jangan berseteru. Kita wajib bersama-sama pemilihan berjalan aman, lancar serta mematuhi protokol kesehatan,” Ungkap Kapoldasu sembari berharap peran serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan elemen lainnyaturut mensukseskan Pilkades 2021 di Dairi.

Untuk diketahui. Pada Pilkades Serentak Kabupaten Dairi 2021 ini, Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari 106 desa yang menyelenggarakan Pilkades berjumlah 120.309 orang. Sedangkan jumlah TPS disetiap desa bervariasi berdasarkan jumlah pemilih maksimal disetiap TPS sekitar 500 orang dengan jumlah TPS seluruhnya 262 TPS.

“Sejauh ini Pilkades 2021 di Kabupaten Dairi berjalan kondusif. Namun begitu personel TNI, Polri, Pemda masih siaga sampai proses penetapan calon kepala desa terpilih mengantisipasi terjadi gangguan Kamtibmas,” Pungkasnya.

PEMILIHAN Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Dairi 2021 secara umum berjalan aman dan kondusif meski di Desa Bertungen Julu Kecamatan Tiga Lingga Kabupaten Dairi sempat terjadi riak insiden, Kamis (25/11/2021) malam

Kapolda Sumatera Utara IRJEN (Pol) RZ Panca Putra Simanjuntak melalui Kabid Humas Polda Sumut KOMBES (Pol) Hadi Wahyudi, mengatakan untuk Pilkades di Desa Bertungen Julu ada dua (2) calon kepala desa yang bertarung. Di desa ini sempat terjadi insiden usai penghitungan surat suara di dua TPS di Dusun I, II, III, dan IV.

Baca Juga :  Enam Sindikat Curanmor Antar Kabupaten di Gulung Polres Tapanuli Utara

Kata Hadi Wahyudi. “Saat penghitungan surat suara di dua TPS secara keseluruhan selesai dilaksanakan. Pasangan calon kepala desa nomor urut 2 keberatan hasil akhir atas penghitungan suara. Lalu saat kotak suara akan dibawa ke kantor Kecamatan ada beberapa orang yang merebut dan merusak satu (1) kotak suara hingga surat suara terhambur,”

Diungkapkan Hadi, “Namun insiden perampasan dan perusakan kotak suara itu dapat diatasi setelah dilakukan mediasi dan personil TNI-Polri turut membantu mengamankan lokasi.

“Dalam insiden keributan itu anggota di lapangan ada yang menjadi korban dan terluka karena mempertahankan kotak suara yang hendak dibawa ke kantor kecamatan,” ungkapnya.

Hadi menghimbau, kepada pihak yang merasa keberatan atas hasil pemungutan suara dalam Pilkades ini, silahkan menempuh jalur hukum sesuai aturan yang telah ditetapkan”.

“Desa Bertungen Julu cukup kondusif. Walaupun tadi sempat terjadi insiden sudah dapat dinetralisir. TNI-Polri berhasil mengamankan kotak suara yang direbut dan dirusak,”Ungkapnya . (KTN)

Penulis: Leo Depari
Editor. : Bay Kliktodaynews

Bagikan :