Dinilai Pemborosan Anggaran, Tugu Jempol di Batu Bara Dirubah Jadi Patung Soekarno

Bagikan :

Batu Bara – Kliktodaynews.com||
Tugu Jempol OK Kelurahan Indrasakti Kecamatan Air Putih mulai di bongkar oleh Dinas PUPR Batu Bara dengan menggunakan alat berat Excavator. Pembongkaran tersebut untuk pembuatan Tugu (Patung) Soekarno. Senin 5 September 2022 sekira pukul 15:00 wib sore.

Pasalnya, pembongkaran Tugu Jempol menuai polemik di kalangan keturunan salah satunya Datuk Umar Palangki, beliau adalah salah satu Panglima Kedatukan Tanjung Limau Purut.

Pembangunan Tugu di simpang Jempol dijadikan patung soekarno miris tidak memiliki ikon.

Menurut M. Rafik menuturkan pemdakab Batu Bara merealisasikan pembuatan tugu dan atau Patung Seokarno di simpang jempol OK itu sebesar Rp 620 juta rupiah, terkesan mubazir mata anggaran APBD Batu Bara 2022.

Alangkah baiknya, jika ingin di bangun Tugu harusnya ada hubungannya dengan Kedatukan yang ada di Air Putih.

Salah satunya Datuk Umar Palangki beliau adalah salah satu panglima Kedatukan Tanjung Limau Purut, atau yang dikenal Jendral Syarifuddin yang makamnya ada di mesjid jami indrapura ini.

Baca Juga :  Pindah Tugas, Lodewik F.S Marpaung Staf Kantor Camat Sukabangun Berbagi Bansos Bersama Masyarakat

Sisi lain, Ramli Kejora sangat menyayangkan sikap kebijakan Pemdakab Batu Bara dalam membangun tugu disimpang jempol menjadi patung seokarno, hanya sekedar kelihatan membangun. Seharusnya pemdakab batu bara lebih jeli membangun dan tepat sasaran.

Banyak jalan yang belum tersentuh pembangunan. Apabila ada jalan penghubung akan lebih mudah pedangan dan petani untuk mengangkut hasil bumi.

Terpisah, Ketua Komisi II DPRD Batu Bara, Mukhsin membenarkan pembuatan tugu di simpang jempol menjadi Patung Soekarno sudah ada pengesahan dari Banggar, maka itu pembuatan tugu patung soekarno dibangun.

Tutup Mukhsin, hanya saja kita belum pernah makan nasi lomak Soekarno.
(STAF07/KTN)

Bagikan :