Rapat Perdana Pembentukan ‘IJAB’ Sukses Terlaksana

Bagikan :

Batu Bara-Kliktodaynews Rapat perdana pembentukan Ikatan Jurnalis Batu Bara (IJAB) akhirnya sukses terlaksana, proses pembentukan organisasi lokal ini dilakukan lewat rapat semacam diskusi terbuka yang digelar di Coffe Khushi Da Kaar, Kamis (1/8/2019) jalan Lintas Sumatera, kelurahan Limapuluh, kecamatan Limapuluh, kab. Batu Bara

Pada rapat pembentukan kali ini dihadiri oleh sejumlah jurnalis dari berbagai media Online dan Cetak yang melaksanakan tugas peliputan di wilayah Kabupaten Batu Bara, dalam rapat itu terpilih sebagai Ketua Umum Sultan Aminuddin Yang lebih akrab disapa Ucok Kodam, sedang Sekretaris umum dijabat oleh Jhoni Iskandar, dan Bendehara Umum diamanahkan kepada jurnalis wanita Evi Yana Sirait.

Pembentukan organisasi Ikatan Jurnalis Batu Bara (Ijab) itu sendiri menurut Mhd Nurain S.Pdi selaku salah seorang penggagas organisasi ini adalah dalam rangka terus berupaya memupuk kekompakan antar sesama pewarta yang pada umumnya selalu bersikap individulistik.

“Wartawan khususnya di Batu Bara memang kita lihat masih banyak yang terkotak-kotak, maka dalam rangka menyosong era pembangunan di Batu Bara, diperlukan soliditas dan kekompakan agar bisa menjadi bagian dari pelaku pembangunan itu sendiri dan mendapat tempat yang akan diperhitungkan”, pungkasnya.

Sementara itu pada rapat perdana pembentukan ‘IJAB’ yang dipimpin oleh Bima IS Pasaribu dan Zulkifli Nasution, juga terbentuk 7 Divisi yang membidangi yaitu, Divisi Organisasi, Divisi Pembinaan dan Pendidikan, Divisi Hukum dan HAM, Divisi Kode etik dan Disiplin, Divisi Ekonomi dan Politik, Divisi Pemberdayaan Masayarakat dan Desa, serta Divisi Penelitian Pengembangan (Litbang) dan Insvestigasi.

Baca Juga :  Dua Warga Biruen Bawa Sabu 5 Kg Ditangkap Polres Batubara


Selanjutnya pada rapat pembentukan tersebut juga disepakati, bahwa masa bakti kepengurusan ‘IJAB’ adalah selama 3 tahun atau sejak 2019-2022. Dan terkait semua kebijakan yang diputuskan, tetap dilakukan berdasarkan musyawarah dan asas demokrasi.

Kepada awak media ini, Ketua terpilih Sultan Aminuddin (Ucok Kodam) menyatakan, kehadiran IJAB salah satunya bertujuan memerangi pemberitaan ‘Hoax’ karena dianggap sangat membahayakan kehidupan berbangsa serta keutuhan NKRI.

“Harapan kami setelah nantinya kepengurusan ini dikukuhkan, kami akan menggelar rapat kerja dan bersedia untuk menjadi mata telingga Pemerintah Kabupaten. Artinya sebagai sebuah organisasi profesi, IJAB mampu bertanggungjawab, kompeten, aktual dan amanah”, janjinya menuturkan.

Selanjutnya masih menurut Ucok Kodam, bahwa Organisasi IJAB juga adalah wadah para jurnalis untuk terus mengembangkan diri guna semakin profesional dalam menjalankan tugas peliputan dilapangan. Sehingga kegiatan Jurnalistik nantinya tetap merupakan sebuah pekerjaan yang mampu dipertanggung jawabkan dengan isyarat tetap mengacu pada kebebasan, sebab tanpa kebebasan maka seorang wartawan akan sulit untuk objektif.

Sementara itu, Sari Darma Sembiring yang di amanahkan sebagai Wakil Ketua menyatakan apresiasi atas langkah teman-teman membentuk IJAB Batu Bara, sekaligus ucapan terima kasih dan kebanggaan telah diajak bergabung.
Baca Juga :  Kadis PUPR Batu Bara : Pembatas Di Jalan Merdeka Simpang Empat Menuju Ujung Bom Pelabuhan Tanjung Tiram Ditata Secara Langsung Oleh Dinas PUPR Tanpa Dipihak Ketigakan


“Walaupun pembentukannya dilakukan ditempat yang sederhana, namun penuh antusias teman-teman yang hadir. Ini menandakan adanya rasa kebersamaan, dan semoga bisa terpupuk dengan baik. Dan saya pun berharap silaturahmi ini tetap terjalin dan membawa IJAB Batu Bara menuju puncak Kejayaan”, ucapnya.

Ditambahkan Darma, wartawan khususnya di Batu Bara berhak serta perlu diperhatikan agar seterusnya peran media bisa menjadi mitra penyeimbang segala kebijakan pemerintah baik yang bersifat positif maupun kritik yang konstruktif tapi sennatiasa mengacu pada ketententuan Undang Undang yang berlaku.

Oleh karenanya IJAB sebagai sebuah wadah para penggiat Jurnalistik di Batu Bara, diharapkan kelak dapat dan bisa diikut sertakan dalam upaya percepatan pembangunan. “Pemerintah daerah kiranya tetap mau mendukung independensi jurnalistik yang bersifat objektif dalam kerangka keterbukaan penyajian informasi pemberitaan yang positif”, harap Darma.

Reporter: Tim Liputan

Bagikan :