Proyek Pembangunan Gedung Discapil di Batu Bara Dinilai Tak Sesuai Spek dan Gambar

Bagikan :

Batu Bara – Kliktodaynews.com|| Pembangunan gedung pelayanan Discapil Batu Bara di Jalan Jendral Sudirman Indrapura Kecamatan Air Putih disoal kembali. Pasalnya, keluaran dan atau produk yang dihasilkan dari pelaksanaan pekerjaan konstruksi tersebut adalah hasil dari fisik bangunannya tidak sesuai dengan spesifikasi teknis dan gambar dikerjakan oleh pelaksana Cv. Jasa Mandiri Bersama. Senin (31/10/2022)

Pantauan dilokasi ada beberapa item pembangunan gedung capil, yang diduga tidak direalisasikan oleh pihak pelaksana diantaranya.

Menurut kontrak spek dan gambar dari kerangka acuan kerja bangunan gedung capil memiliki tiang bendera dan menara tower serta jaringan net tenaga surya, yang semestinya sudah dibangun.

Konsultan Pengawas Cv. Balakosa Consultant, kurang dalam pengawasan dilokasi kegiatan, sedangkan masa pelaksanaan diberikan 150 hari kelender.

Pengerjaan gedung capil dengan No. Kontrak : 1909676/PK/PPK/SP/
DPUPR-BB/2021.

Proyek pembangunan gedung capil dari dana (PEN) tersebut dibadrol dengan nilai Kontrak sebesar Rp 3,647.898.000,48 dari pagu sebesar Rp 4.000.000.000 (empat milyar rupiah)

Selain itu, partisipasi pekerja dalam keselamatan konstruksi, tidak ada kepedulian pimpinan proyek (Pimpro) terhadap Isu eksternal dan internal komitmen rencana keselamatan konstruksi tersebut.

Baca Juga :  Kapolres Batu Bara : Akhir Tahun 2021 Stok Vaksin Harus Habis Mencapai Target 80%

Ketentuan mengenai penerapan manajemen K3 Kontruksi yang diperlukan, diabaikan oleh para pekerja dilokasi kegiatan.

Program pemerintah dalam hal pembangunan sarana perkantoran, dimana nantinya hasil pembangunan kantor tersebut dipergunakan untuk demi kenyamanan dalam menunjang kinerja kegiatan aparatur sipil dikantor tersebut dalam administrasi dan pelayanan masyarakat.

Berdasarkan hal tersebut, maka dipandang perlu untuk dibangun Pembangunan gedung pelayanan Discapil (PEN) melalui APBD Kabupaten Batu Bara tahun anggaran 2021 sebesar Rp 4.000.000.000 (Empat Milyar Rupiah)

Sisi lain, Kadis PUPR Batu Bara diminta tanggapannya terkait gedung capil, tak dapat memberikan satu kata.

Maka Pejabat Pembuat Komitmen Dinas PUPR Batu Bara Yasser Abdilah, S.STP saat dikonfirmasi dari Telp WhatsApp sempat juga kesal dan menjawab kegiatan gedung pelayan capil sudah sesuai spek dan gambar bang.

Lanjutnya, tudingan kliktodaynews tidak sesuai fakta dan bukti atas kegiatan tersebut.

Disaat spesifikasi dan gambar di kirim melalui WhatsApp kepada Yasser, tidak dapat dijawab oleh PPK yasser.

Pembangunan gedung pelayanan Discapil (PEN) diduga tak tercapai kinerja yang tinggi dengan hasil spesifikasi teknis yang telah ditentukan.

Baca Juga :  Satu Orang Pencuri Lembu Diamankan Polsek Labuhan Ruku, Dua Melarikan Diri

Sehingga tidak mencapai Kriteria teknik konstruksi secara kualitas yang disesuaikan dengan pembiayaan. (STAF07/KTN)

Bagikan :