Kadiskes Batu Bara Sahuti Keluhan Warga Gatal-gatal Akibat Banjir

Bagikan :

Batu Bara – Kliktodaynews.com|| Kepala Dinas Kesehatan Batu Bara Dr. Wahid Khusyairi, MM intruksikan pihak Puskesmas Datok Lima Puluh agar meninjau warga Dusun II Desa Air Itam yang mengalami gatal-gatal dibadan dan kaki.

Hal ini menurut Dr. Wahid Khusyairi, MM hasil laporan salah satu media saat melakukan investigasi dilokasi warga yang alami gatal-gatal. Jumat 2 September 2022.

Sambut Ka. Puskesmas Datok Lima Puluh atensi Kepala Dinas Kesehatan Batu Bara kami sahuti, berhubung tentang kesehatan warga, artinya kami sangat memprioritaskan kesehatan terhadap warga.

Lanjutnya, apalagi dalam persoalan penyakit, cetus Ka. Puskesmas Datok Lima Puluh.

Sisi lain, Syahril (48) yang mewakili 10 Kepala Keluarga (KK) di Dusun II membenarkan gatal-gatal di badan dan kaki akibat turun hujan dan luapan air sungai yang memasuki kewilayah halaman dengan ketinggian air mencapai 50-60 cm. Rabu 31 Agustus 2022 sekira pukul 12:36 wib.

Alami gatal-gatal di badan dan kaki terhadap anak dan ibunya

Menurut syahril kami di Dusun II ini yang di belakang KUD kerap banjir. Pasalnya drainase disamping jalan KUD tidak ada manfaatnya, lebih lagi fungsinya. Sebab drainase tersebut dilihat sama rendahnya dengan halaman warga.

Baca Juga :  Ada Apa? Tigan Warga Kelurahan Tanjung Tiram Klaim Tanah Negara adalah Haknya

Semestinya drainase lebih tinggi dari halaman warga, ungkap syahril.

Ditanggapan tersebut disambut oleh istri syahril, membenarkan keluhan suaminya, terlebih lagi masalah kesehatan yang timbul.

Dia akui mengalami gatal-gatal pada kaki dibetis dan menjadi kudis kemerahan. Demikian juga diungkapnya dikwatirkannya kepada anak-anak sekitar juga mengalami gatal-gatal di kaki dan dibadan.

Akibat gatal-gatal tersebut dari kotoran warga (jamban) naik kepermukaan halaman warga, dan kotoran ayam dan bebek, tuturnya.

Mereka merasa terancam akibat adanya timbul penyakit, disebabkan kebajiran.

Surut air dihalaman kami sangat cukup lama, seminggu baru surut.

Tambah syahril, dirinya bersedia hibahkan tanah untuk pembangunan jalan dengan kelebaran 3 meter panjang ± 200 meter sampai didepan jalan Desa Air Itam.

Terpisah, Kepala Desa Air Itam Kecamatan Datok Lima Puluh Kabupaten Batu Bara terkait keluhan warga Dusun II Desa Air Itam dirinya membenarkan kerap kebanjiran saat musim hujan dan luapan air sungai.

Masalah bang syahril mau menghibahkan tanah dengan ukuran diatas, Kepala Desa Air Itam tetap tampung aspirasi masyarakat untuk prioritaskan pembangunan yang merata.

Baca Juga :  Nataru 2020: Kapolres Batu Bara Safari Kasih Berbagi Sembako Ke Umat Kristen

Lanjut, Kades Air Itam pihak pemerintah Desa (Pemdes) terlebih dulu membangun drainase untuk pembuangan air, agar warga Dusun II tidak lagi alami genangan air dan atau luapan air dari sungai dapat berkurang nantinya.

Kami segenap Pemerintahan Desa Air Itam mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintahan Daerah Kabupaten Batu Bara terkhusus kepada Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Datok Lima Puluh dan rekan-rekan awak media turut memperhatikan warga kami, tutupnya (STAF07/KTN)

Bagikan :