DPRD Batu Bara Tanya Jawab Penggunaan APBD 2019 Distanbun 1,6 M Dalam Rapat Paripurna LKPJ 2020

(DPRD) Kabupaten Batu Bara, Selaku Ketua Komisi I "Ahzar Amri S, Kn " Mengelar Rapat Paripurna Penyampaian OPD Kepala Dinas Perternakan dan Perkebunan (Distanbun)
(DPRD) Kabupaten Batu Bara, Selaku Ketua Komisi I "Ahzar Amri S, Kn " Mengelar Rapat Paripurna Penyampaian OPD Kepala Dinas Perternakan dan Perkebunan (Distanbun)
Bagikan :

Batu Bara – Kliktodaynews.com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Batu Bara, Selaku Ketua Komisi I “Ahzar Amri S, Kn ” Mengelar Rapat Paripurna Penyampaian OPD Kepala Dinas Perternakan dan Perkebunan (Distanbun) Mengenai Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kabupaten Batu Bara Tahun 2019, diaulah DPRD Setempat, Jln. P. Kemerdekaan Lima Puluh Kab Batu Bara No. 167 pada rabu 15/4/2020.

Ketua Komisi I DPRD Batu Bara, Ahzar Amri Tanya Jawab ini mengatakan, rapat paripurna digelar untuk mengetahui capaian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menggunakan APBD tahun anggaran 2019.

“ Tanya Jawab kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kepala Dinas Perternakan dan Perkebunan, ” sudah sampai sejauh mana perkembangan bantuan peternakan yang diterima masyarakat batu bara.

Program kegiatan 2019 dalam LKPJ Kepala Dinas Perternakan dan Perkebunan, drh Emmy Oftini Margolang mengungkapkan, melakukan kegiatan Pelayanan Terpadu Ahli Teknologi. Pengobatan Gratis, Penyuluhan.

Samping itu, Ada juga bantuan yang diberikan untuk bantuan ternak Sapi, Domba, Itik dan kambing. Dengan rincian Sapi sebanyak 8 ekor dengan nilai Rp 386.000.000 yang direalisasikan senilai Rp 381.845.000 penerima kelompok Puja Ayu di desa Pematang Rambe. Kemudian Domba jantan senilai Rp 156 juta, domba betina senilai Rp 19.200 jt, dan itik senilai Rp 75 juta, sedangkan ternak kambing belum dapat disampaikan oleh kadistanbun.

Baca Juga :  Pelaku Sempat Minum Racun, Usai Bacok Istri Karena Tak Dikasih “Jatah”


Selain itu, pengadaan Bibit Kelapa Dalam Varietas Kelambi berasal dari Ujung Kubu ditanam sebanyak 25 ribu pokok dan Pengadaan Bibit Kelapa Genjah Pandan Wangi didatangkan dari Sumut (medan) ditanam sebanyak 2000 pokok. dari jumlah tersebut semua sudah ditanam diwilayah ujung kubu kecamatan nibung hangus kab batu bara

Ketua komisi I, DPRD batu bara mengharapkan, kesehatan hewan harus dicek, sesuai dengan fisiknya, apakah hewan bantuan yang diserahkan kepada masyarakat sudah sesuai kondisi kesehatannya.

Setiap bantuan masyarakat mungkin akan kami cek, berhasil tidak kelompok-kelompok diberikan oleh distanbun. Distanbun diminta membina kelompok.

Kinerja distanbun juga diharapkan berjalan dengan misi visi bupati dalam rangka meningkatkan kinerja bupati batu bara. Sehingga berhasil program distanbun sebaik mungkin, dan besar pada hasil yang dibantu.

Bibit yang diserahkan kepada kelompok dan atau masyarakat disesuaikan spek, agar bisa dimanfaatkan. Harap ketua komis I.

Kabid perternakan dan perkebunan Ade Irawan, izin kepada ibu kadistanbun Emmy untuk menyampaikan kepada pemimpin rapat paripurna, terkait persyaratan masyarakat dengan kelompok untuk mendapatkan bantuan ternak harus memiliki badan hukum yang disahkan oleh kemenhumham danbatau maksimal berakta notaris. Kelompok maksimal sebanyak 20 orang.
Baca Juga :  Lebih Separuh Absen, Paripurna DPRD Batal Tetapkan P-APBD Batubara Tahun 2019


Pengajuan bantuan paling lambat pada bulan april 2020 maka mendapat bantuan itu masuk tahun 2021 pada bulan januari ke bukan februari. Kemudian dilakukan cek lokasi dan seleksi penerima bantuan. Tutur Ade didepan sidang paripurna LKPJ. (Staf07/KTN)

Bagikan :