Ribut Saat Perhitungan Suara Pemilu 2024 di Tingkat Kecamatan Sambas, 2 Kubu Nyaris Bentrok

Bagikan :

Kliktodaynews.com,SIBOLGA|| Perhitungan Suara Pemilu 2024 tingkat kecamatan Sibolga Sambas Terjadi Keributan dimana Dua kelompok massa pendukung partai politik (parpol) dan calon legislatif (caleg) di Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut) nyaris bentrok di depan kantor kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, Kamis (22/2/2024) petang.
Belum diketahui pasti apa penyebab peristiwa itu, tapi diduga dipicu dari kedatangan salah seorang petinggi parpol tertentu ke lokasi kantor kecamatan yang menjadi tempat Rapat Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Petinggi parpol itu disebut-sebut berinisial BS berasal dari partai N.

Kedatangannya ke lokasi itu mendapat protes dan kecaman keras dari kelompok massa yang diketahui berasal dari partai G. Kelompok massa partai G menilai petinggi partai N itu bersama beberapa lainnya tidak berhak masuk ke lokasi Rapat Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara selain para pihak berwenang, seperti saksi parpol yang memang telah dimandatkan oleh parpol masing-masing.

Personil kepolisian dari Polres Sibolga yang bertugas di lokasi itu, ditambah dukungan personil BKO Poldasu serta sejumlah perwira Polres Sibolga, seperti Waka Polres, Kompol Diarma Munthe, Kasat Intelkam, AKP Agus Adhitama, Kapolsek Sibolga Sambas, Iptu Martua Sinaga, Kasi Propam, Iptu Firman M Tampubolon, dan lainnya, coba melerai dan menenangkan kedua kelompok massa jangan sampai terjadi bentrokan. Pada saat itu, kedua kelompok massa sudah saling berhadapal-hadapan dan saling dorong. Situasi baru terkendali setelah petinggi parpol partai N tersebut keluar dari lokasi gedung kantor kecamatan itu dan pergi.

Ketua Bawaslu Sibolga, Salmon Tambunan, yang dikonfirmasi medanmerdeka.com mengaku kurang mengetahui pasti apa penyebab persoalan itu terjadi. Terutama apa yang terjadi di Kantor Kecamatan yang menjadi tempat Rekapitulasi Perhitungan Suara Tingkat Kecamatan oleh PPK Sibolga Sambas sehingga situasi nyaris ricuh.

“Kita tunggu saja laporan dari Panwascam, karena kebetulan kejadiannya masih di tingkat kecamatan. Saya pun di sana setelah keributan terjadi,” ungkap Salmon singkat.

Dari informasi yang beradar di lapangan, kedatangan petinggi parpol N ke lokasi tempat Rapat Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara Tingkat Kecamatan yang dilangsungkan di Kantor Kecamatan Sibolga Sambas itu disebut-sebut dalam rangka pengamanan suara partainya untuk tingkat DPRD Sibolga yang kabarnya Memperoleh Kursi Terbanyak Di Kota Sibolga.(JN)

Bagikan :