Program Pembinaan Kemandirian Warga Binaan,Dinas Pertanian Tapteng dan Lapas Sibolga Panen Cabai Merah

Bagikan :

Kliktodaynews.com – TAPTENG|| Dinas Pertanian Tapteng bekerjasama dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Sibolga, melakukan panen cabai merah, Senin (27/2/2023).

Cabai merah yang dipanen di lahan Lapas Sibolga tersebut merupakan hasil program pembinaan kemandirian warga binaan di bidang pertanian.

Kadis Pertanian Tapteng Drs. Herman Suwito mengatakan kegiatan ini dilakukan guna mendorong ketahanan pangan yang sedang digalakkan Pemerintah Pusat.

Untuk itu, kata Herman, Dinas Pertanian Kabupaten Tapteng bersama Lapas Kelas II A Sibolga telah menandatangani MoU pada 24 Oktober 2022, sebagai upaya mendorong warga binaan untuk berkarya dan mandiri melalui pembinaan kemandirian, maupun pembinaan kepribadian dalam kewiraausahaan di bidang pertanian.

“Dalam Perjanjian Kerjasama dituangkan Lapas sebagai Institusi Pemerintah yang melaksanakan pembinaan narapidana dan anak didik pemasyarakatan, dan Dinas Pertanian Kabupaten Tapteng merupakan Satuan Kerja Pemerintah Daerah yang bergerak dalam bidang Lembaga Pelatihan Kerja,” jelas Herman.

Herman Suwito juga mengatakan, panen cabai merah pada lahan dengan luas kurang lebih 500 meter persegi, menunjukkan hasil yang positif.

“Cabai merah ini nanti akan kita pasarkan. Harapan kita kedepan kerjasama seperti ini dapat dilanjutkan dengan melakukan kemandirian di bidang pertanian lainnya, seperti penanaman kangkung, kacang panjang,” ungkap Herman.

Kalapas Sibolga Indra Kesuma menyampaikan syukur atas keberhasilan program pembinaan kemandirian di bidang pertanian bagi warga binaan, hasil kerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Alhamdulillah program ini sudah berjalan dengan baik dan sudah menunjukkan hasilnya,” kata Indra Kesuma. Indra berharap melalui program pembinaan di bidang pertanian ini dapat menjadi bekal bagi warga binaan selepas menjalani masa pidananya dan kembali ke masyarakat. (JN)

Bagikan :