Kapolres Sibolga dan Wakil Walikota Sibolga Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Toba 2022

Bagikan :

SIBOLGA – Kliktodaynews.com|| Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja,SH.SIK.MH dan Wakil Walikota Sibolga Pantas M.Lumbantobing pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022 di lapangan Simaremare Sibolga, Kamis (22/12/2022) pukul 09.00 WIB.

Operasi Lilin dalam rangka pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 wilayah kota Sibolga , dilaksanakan selama 11 hari kedepan, terhitung tanggal 23 Desember 2022 – 02 Januari 2022 dengan melibatkan personil sebanyak 256 personil,Polri sebanyak 125,TNI, Pemda pemko Sibolga,Ormas dan Pramuka sebanyak 131 orang di 5 Pos terdiri Pos terpadu 3,Pos Pam 1 dan Pos Yan 1.
Turut hadir dalam upacara tersebut.
– Wakil Walikota Sibolga Pantas Maruba Lumban Tobing
– Dandim 0211/TT diwakili Danramil 06/Kota Mayor Inf.A. Saruksuk
– Danlanal Sibolga diwakili Kapten Laut (P) Alpian
– Kejari Sibolga diwakili Adi Saputra Lubis, S.Kom
– Waka Polres Sibolga Kompol Diarma Munthe, SH
– Kabag Ops AKP Asmon Bufitra, SH, MH
– Kabag Ren AKP Budiono Saputro, SH
– Kasat Intelkam AKP Agus Adhitama, SE
– Kasat Binmas AKP David Sinaga, SH, M.Si
– Kasat Samapta AKP Jumpa Aruan, SE
– Kapolsek Sibolga Selatan AKP Bremer
– Kapolsek Sibolga Sambas Iptu M. Sinaga
– Kadis Sosial Haslan Efendi,S.Sos
– Kasatpol PP Dedi Rahmad Saleh Lubis
– Kadis Perhubungan Faisal Fahmi Lubis, SH
– Kadis Kesehatan Firmansyah Hulu
– Kepala BPBD Marudut Situmorang
– Unsur Forkopimda Sibolga.
Barisan peserta apel
– Barisan Pamen dan Pama Polri : 1 SST
– Barisan TNI Kodim : 1 SST
– Barisan Pers Polres Sibolga : 3 SST
– Barisan Dishub : 1 SST
– Barisan Satpol PP : 1 SST
– Barisan BPBD : 1 SST
– Barisan Ormas : 1 SST

Kendaraan Dinas yang dilibatkan :*
– 2 unit Mobil Patroli Sat Sabhara
– 1 unit Mobil Patroli Polsek
– 1 Unit Mobil Pattoli Sat Lantas
– 1 unit Mobil Ambulance Polres Sibolga
– 1 unit Mobil Binluh Sat Binmas
– 1 unit Mobil Patroli Kodim 0211/TT
– 1 unit Mobil Truk Lanal Dibolga
– 2 unit Mobil Patroli Dishub
– 1 unit Mobil Patroli Satpol PP
– 2 unit Mobil Damkar
– 4 unit Ranmor Polres Sibolga
– 4 unit Ranmor TNI

Dalam apel tersebut Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja,SH.SIK.MH menyampaikan Amanat Kapolri sebagai berikut.
1. Apel gelar pasukan operasi lilin 2022 merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarana prasarana dengan demikian diharapkan pengamanan dapat terus berjalan secara optimal dan sinergi sehingga Natal 2022 serta tahun baru 2023 mampu berjalan dengan kondusif.
2. Seperti kita ketahui bersama bahwa laju pertumbuhan Covid19 di Indonesia sudah terkendali sehingga pemerintah memberikan kelonggaran berbagai aktivitas masyarakat termasuk M dengan menetapkan di seluruh wilayah berada pada PPKM level 1

3. Momen Nataru selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di setiap penghujung tahun dengan melaksanakan kegiatan sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat hal tersebut sebagaimana hasil survei dari Kemenhub bahwa diperkirakan akan ada 44,17 juta orang melakukan pergerakan pada tahun ini oleh sebab itu Polri bersama dengan TNI, Pemerintah daerah, mitra kamtibmas serta Stake holder terkait menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi operasi lilin 2022 yg dilaksanakan selama 11 hari mulai tanggal 23 Desember 2022 sampai dengan 02 januari 2023 serta dilanjutkan dengan KRYD mulai tanggal 03 Januari sampai  dengan 09 Januari 2023.

4. Operasi lilin 2022 terdiri dari total cara 166.322 personel gabungan yang ditempatkan pada 1845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan dan 89 pos terpadu guna mengamankan 52.636 objek pengamanan.

5. Pada pengamanan matahari terdapat potensi gangguan yang harus diwaspadai pada sisi kesehatan kita tetap waspada terhadap potensi terjadinya lonjakan Covid 19 selanjutnya pada sisi keamanan terdapat beberapa potensi gangguan yang juga perlu diwaspadai seperti kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas jalan dan penyeberangan pulau serta kepadatan pada bandara terminal dan pelabuhan

6. Selanjutnya terkait kejahatan konvensional berdasarkan anev tahun 2021 kejadian paling tinggi terjadi pada bulan desember didominasi oleh jenis kejahatan konvensional, melihat hal tersebut agar tingkatkan patroli pada daerah rawan dan obyek vital serta lakukan sosialisasi guna meningkatkan standar keamanan lingkungan dan tempat tinggal terutama kepada masyarakat yang akan berpergian

7. Ancaman terorisme juga menjadi potensi gangguan yang serius aksi terorisme seperti di polsek astana anyar tidak boleh terjadi lagi, maka ke depan agar deteksi dini dan preventif strike guna mencegah aksi aksi terorisme.

8. Kemudian ancaman bencana alam persiapkan tim tanggap bercanda alam rehabilitasi dan sarana prasarana pendukung disertai penguatan edukasi terhadap bencana pada masyarakat

9. Selanjutnya dan tidak kalah penting adalah terkait pengendalian catatan pangan dan BBM lakukan monitoring di lapangan bersama satgas pangan dan stakeholder terkait guna memastikan ketersediaan pasokan pangan

10. Kemudian khusus pengamanan ibadah natal pastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi melibatkan tni dan instansi terkait dalam pengamanan ibadah natal sebagai wujud toleransi beragama.

11. Pada pengamanan objek wisata akses jalan menuju objekwisata jangan sampai terjadi kemacetan dengan menyediakan lokasi parkir dan pengaturan jalur keluar masuk yang baik

12. Keberhasilan pengamanan operasi lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat diselesaikan. oleh sebab itu kepada seluruh personil pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergisitas dan solidaritas selama pelaksanaan tugas dan kepada seluruh personel pengamanan agar jadikan pengamanan nataru sebagai sebuah kebanggaan oleh sebab itulah laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab.

VI. Selanjutnya pelepasan Show of force oleh Kapolres Sibolga bersama dengan unsur Forkopimda yang melibatkan Mobil dinas Polri dan stake holder terkait, dengan rute : Lapangan Simare – mare (start) – Jl. Ade Irma Suryani – Jl. Sutoyo Siswomiharjo – Jl. SM. Raja – Jl. Horas – Jl. R. Suprapto – Jl. Putri Runduk – Jl. S.Parman – Jl. Zainul Arifin – Lapangan Simare – mare..ujar humas polres Sibolga.(JN)

Bagikan :