Kalapas Sibolga: WBP Mampu Bersaing di Pasar Setelah Bebas

Bagikan :

SIBOLGA – Kliktodaynews.com|| Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Sibolga terus berkreasi dan berinovasi menyalurkan bakat keterampilan selama menjalani masa pidananya di dalam lapas. Salah satunya melalui kegiatan pembinaan kemandirian di bidang pengelasan.

Kalapas Sibolga, Indra Kesuma mengungkapkan, saat ini banyak pesanan hasil produk dari kemandirian yang dikerjakan warga binaan, seperti pembuatan meja dengan berbahan utama besi hollow.

“Tidak hanya itu warga binaan juga dapat membuat berbagai macam barang kebutuhan sehari-hari maupun barang hiasan dari kegiatan pengelasan ini,” ungkapnya.

Indra Kesuma menerangkan program pembinaan kemandirian di bidang pengelasan hingga saat ini sudah berjalan baik. Hal ini lanjutnya, jika melihat minat warga binaan yang mengikuti program ini serta adanya produk yang dihasilkan.

“Ada beberapa produk yang telah dihasilkan dari kreasi warga binaan di bidang pengelasan diantaranya, meja/kursi, teralis, kanopi, pagar maupun dudukan pot bunga. Produk tersebut merupakan pesanan dari kantor, pegawai, pengunjung maupun masyarakat sekitar dengan kualitas produk yang dapat bersaing dengan kualitas pasar lokal,” beber Indra.

Kalapas Sibolga juga mengungkapkan, dari kegiatan ini warga binaan pemasyarakatan memiliki keterampilan menciptakan barang yang bernilai ekonomis, sehingga dapat dimanfaatkan untuk bekerja maupun membuka usaha setelah selesai menjalani masa pidana.(JN)

Bagikan :