KPUD Samosir Laksanakan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

KPUD Samosir Laksanakan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara
KPUD Samosir Laksanakan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara
Bagikan :

Samosir – Kliktodaynews.com Dalam rangka mensukseskan Pilkada 2020 di Samosir, KPUD Kabupaten Samosir melaksanakan Kegiatan Simulasi Pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan SIREKAP ditingkat TPS. Simulasi dilaksanakan di Tanah Lapang, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sabtu (21/11/2020).

Yang diundang dalam Simulasi ini adalah pemilih nyata dari TPS 1 Pangururan, hal ini di sampaikan oleh Robinsar Junedi Barus selaku Divisi Teknis KPUD Kabupaten Samosir saat dikonfirmasi Kliktoday.com di lokasi Simulasi.

“Sebagaimana Program Nasional bahwa tanggal 21 November 2020, di seratus Kabupaten/Kota di Indonesia yang melaksanakan Pemilukada, melakukan Simulasi,” jelas Robinsar.

Robinsar juga menjelaskan bahwa di dalam kegiatan diperkenalkan aplikasi yang bernama Sistem Informasi Rekapitulasi Elektonik (SIREKAP).

Menurutnya, meskipun didalam rapat KPU RI dengan Komisi II dan Mendagri, bahwa SIREKAP bukan menjadi acuan penting dalam pelaksanaan, tetapi SIREKAP bagi KPUD Samosir adalah hal yang perlu dikenalkan ke Publik dalam rangka menjaga transparansi dan menjaga kualitas Pemilukada 2020.

Pada kegiatan ini KPUD Samosir mengundang Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), beberapa Lembaga yang punya kepentingan langsung terhadap Pemilukada Kabupaten Samosir, Liaison Officer (LO) dari pasangan Calon, serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Baca Juga :  Avanza Masuk Jurang Sedalam 100 Meter di Simanindo, Pengemudi Tewas


Diakhir kesempatan, Robinsar berharap agar Masyarakat Samosir menggunakan hak pilih untuk memilih pemimpin yang baik dan benar.

“Saran kami untuk masyarakat Kabupaten Samosir, pergunakanlah hak pilih yang ada , berikan kesempatan memilih pemimpin yang baik dan benar menurut hati nurani kalian masing-masing, dan menolak money politic (politik uang/red), demokrasi yang berkualitas ditentukan dari proses pemilihan yang benar” harap Robinsar Barus.

Dilokasi yang sama, Eni Mustikawati Malau anggota PPK dari Kecamatan Harian Boho yang menghadiri kegiatan Simulasi beranggapan bahwa masyarakat ditanah lapang terlihat antusias mengikuti Simulasi pemungutan dan penghitungan Suara.

“Walaupun hujan akan tetapi banyak juga yang datang” ujar Eni Eni berharap kepada seluruh Masyarakat Samosir yang telah memiliki hak pilih, saat datang ke TPS untuk tetap mengikuti protokol kesehatan. (EDW/KTN)

Bagikan :