Bupati Samosir Rapidin Simbolon Hadiri Pelantikan Rektor Unika Santo Thomas

Bagikan :

Samosir – Kliktodaynews.com Sekretaris Daerah Provinsi(Sekdaprov) Sumatera Utara Dr. Ir. Hj. R Sabrina, M.Si didampingi Inspektur Provinsi Sumut Lasro Marbun dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumut Harianto Butarbutar, mewakili Uskup Agung Medan Kornelius Sipayung yakni Pastor Erwin Manullang, Plt Walikota Medan Akhyar Nasution, unsur Forkopimda Sumut dan Medan, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu, Wakil Bupati Deli Serdang Zainuddin Mars, Ketua Panitia Zakarias Situmorang, pengurus yayasan, para pendeta dan pastor kampus, civitas akademika Universitas Katolik Santo Thomas dan perwakilan universitas di Medan menghadiri Acara Pelantikan Rektor Universitas Khatolik Santo Thomas periode 2020-2024 di Convention Hall Bina Media Perintis, Medan pada 15 juli 2020.

Dalam sambutannya, Sabrina berharap Pengabdian Masyarakat lebih ditingkatkan.

“Tiga pilar PT sama-sama penting, namun harapan saya pengabdian masyarakat lebih ditingkatkan lagi. Memberi dampak nyata di tengah masyarakat,” ucap R Sabrina

Sabrina berpesan agar ilmu-ilmu yang diperoleh di kampus agar dibawa ke tengah-tengah masyarakat.

“Hal ini harus dimanfaatkan, untuk membawa ilmu-ilmu yang diperoleh di kampus ke tengah-tengah masyarakat melalui aplikasi nyata,” ujar Sabrina.

Dengan dilantiknya rektor baru, Sabrina juga berharap dapat mengantarkan Unika Santo Thomas menjadi salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) berkualitas yang diperhitungkan di Indonesia. Kemudian, membawa kontribusi khususnya dalam pembangunan Sumatera Utara.

Baca Juga :  Masyarakat Singgung Soal Keramba Jaring Apung (KJA) Milik PT. REGAL SPRINGS INDONESIA


Sabrina juga mengucapkan selamat bertugas kepada Rektor Unika Santo Thomas Periode 2020-2024 Sihol Situngkir. Diharapkannya, Sihol Situngkir membawa semangat baru dan perubahan baru yang lebih baik untuk Unika Santo Thomas. Apalagi, Sihol Situngkir juga memiliki rekam jejak yang hebat baik di level nasional maupun internasional. “Mudah-mudahan program-program Bapak segera terealisasi secepat mungkin,” harap Sabrina.

Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumut Dian Armanto menyampaikan dua hal penting yang harus diperhatikan pimpinan dan manajemen Perguruan Tinggi. Keduanya ialah Kampus sehat dan Kampus berkualitas.

Saat ini, kata Dian, Unika Santo Thomas telah mencapai kampus sehat. Hal ini diukur dari PT terdaftar, prodi terdaftar, mahasiswa terdaftar dan indikator lainnya.

“Sekarang yang jadi tantangan adalah menjadi kampus berkualitas. Salah satu ukurannya yakni akreditasi. Dari 223 PTS di Sumut, hanya 1 yang akreditasi A. Saya berharap Unika Santo Thomas juga harus berjuang untuk meningkatkan akreditasi meraih A. Salah satunya caranya adalah perpaduan kerja sama yang baik antara pihak rektorat dan yayasan,” pesan Dian.

Rektor Unika Santo Thomas Prof. Dr. Drs. Sihol Situngkir, MBA dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan untuk memimpin Universitas tersebut. Sebagai rektor ketujuh sekaligus rektor pertama yang bukan pastor, ia berjanji akan membawa banyak perubahan di kampus tersebut. Di antaranya, kemajuan di bidang digitalisasi.
Baca Juga :  Jelang Pilkada Serentak 2020, Ini Himbauan Kapolres Samosir


“Kepada Ibu Sekda, saya ucapkan terima kasih telah berkenan hadir mewakil Bapak Gubernur Edy Rahmayadi yang merupakan sahabat saya di Lemhanas. Dalam waktu dekat, saya bersama wakil-wakil rektor akan menghadap beliau. Menyinergikan program-program kami di sini yang bisa memberi kontribusi bagi Sumut,” ujar Sihol.

Acara diawali dengan misa bersama dan doa pembuka, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Hening Cipta, dan mars Universitas Katolik Santo Thomas “Omnibus Omnia”. Dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Yayasan Santo Thomas tentang Pengangkatan Rektor Universitas Katolik Santo Thomas Masa Jabatan 2020 – 2024 oleh Sekretaris Yayasan Santo Thomas Simon Petrus Ginting.

Berikutnya, pembacaan naskah pelantikan oleh Ketua Yayasan Santo Thomas Firman Simbolon dan pembacaan sumpah jabatan dan pembacaan pakta integritas oleh rektor terpilih yang baru dilantik Sihol Situngkir. Dilanjutkan dengan serah terima jabatan rektor dari Plt Rekto. (NTN/KTN)

Bagikan :