Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Siapkan Intelektual Muda dan Berbudaya

Bagikan :

SIANTAR — Universitas atau perguruan tinggi merupakan ruang publik yang berfungsi membantu masyarakat dalam menyelesaikan problematika kehidupan masyarakat. Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar atau UHKBNP menyiapkan intelektual muda dan berbudaya.

Seseorang yang punya kecerdasan berpikir, nalar kritis, responsif, dan solutif terhadap isu dan masalah kekinian adalah gambaran dari intelektual muda dan berbudaya. Selain itu, ia juga memiliki spritualitas dan religiositas. Demikian diungkapkan Rektor UHKBPNP Muktar Panjaitan pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Merespons perubahan dunia dengan segala dinamikanya, mahasiswa sebagai intelektual muda dan generasi penerus bangsa kata Muktar, dituntut untuk menyiapkan diri dengan cara yang produktif, yaitu dengan mengasah intelektual, mencari skill kemampuan baru yang bisa berguna dalam profesi, serta melek dalam urusan politik (kesejahteraan bersama).

PKKMB UHKBPNP 2024 dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yang diawali dengan kuliah umum dengan narasumber Kapolres Pematangsiantar dan Wali Kota Pematangsiantar. Selanjutnya pengenalan tri dharma perguruan tinggi, sistim pendidikan tinggi dan unit kegiatan mahasiswa yang dirangkai dengan pagelaran kebudayaan batak.

Ketua Panitia PKKMB Tumpal Siahaan menuturkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan pihaknya bertujuan agar mahasiswa baru mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan di perguruan tinggi.

“Mahasiswa baru dan mahasiswa lama serta alumni didampingi dosen dan tenaga kependidikan berbagi pengalaman, bagaimana belajar di kampus termasuk bagaimana mencapai cita-cita,” ujar Tumpal dalam keterangan tertulis, Kamis, (03/10/2024).

Bagikan :