SMAN 1 Paranginan Catatkan Prestasi Baru

Bagikan :

DOLOKSANGGUL – SMA Negeri 1 Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan(Humbahas) pantas mendapat acungan jempol,tentu saja alasannya ada.

Betapa tidak,sekolah yang baru berusia 20 tahun itu berhasil menghantarkan siswa lulusan an ke 18 duduk di Perguruan Tinggi Negeri(PTN) melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) sebanyak 63 orang.

Tidak hanya itu,salah seorang diantaranya masuk di Fakulas Kedokteran Universitas Palangkaraya atas nama Rafael Swadiputra Lumbantoruan yang merupakan lulusan pertama dari SMAN 1 Paranginan masuk di Fakultas kedokteran.

Demikian Gotma Samosir S.Pd.MM kepala SMAN 1 Paranginan memaparkan keberhasilan sekolah yang dinahodainya Jumat 16/8 2024 disela latihan kegiatan menyambut HUT RI 79 di halaman sekolah.

Kata dia,prestasi ini merupakan capaian yang sangat bagus,tentu atas usaha para Guru dan keseriusan siswa untuk belajar
“hampir 50 persen kenaikannya dibanding tahun 2023″ucapnya bangga.

Bahkan salah seorang diantara siswa yang masuk PTN itu berhasil mencatatkan prestasi masuk ke Fakultas Kedokteran di Universitas Palangkaraya”ini sejarah karena baru dia yang pertama masuk di fakultas kefokteran lulusan sekolah ini”paparnya.

Gotma juga menjelaskan jikalau sekolah yang dipimpinnya Kamis 15/8 berhasil menduduki peringkat 9 pada Try Out(TO) se Cabdis wilayah IX Tapanuli Utara dan Humbang Hasuntan.

“Lebih 6000 siswa yang mengikuti TO di wilayah IX Taput Humbahas kita berhasil masuk 10 besar”pungkasnya.

Ke 63 siswa SMAN 1 Paranginan yang masuk PTN melalui SNBT itu belum termasuk melalui jalur Mandiri karena belum lengkap datanya(eos)

Bagikan :