Ramah dan Tidak Sombong, Mangatas Teman Diskusi yang Baik Saat Aktif di DPRD Siantar

Bagikan :

PEMATANGSIANTAR – Mau tahu seperti apa sosok Mangatas Marulitua Silalahi SE saat menduduki jabatan Wakil Ketua (Pimpinan) DPRD Kota Siantar? Berikut, ini kesaksian mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Siantar, Midian Sianturi.

Selaku Kepala Bappeda, dimasa itu, secara otomatis Midian Sianturi masuk Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemerintah Kota (Pemko) Siantar. Bahkan, berada di posisi Wakil Ketua TAPD.

Sebagai Wakil Ketua TAPD Pemko Siantar, Midian Sianturi kerap berinteraksi dengan Anggota dan Pimpinan DPRD Kota Siantar, termasuk dengan Mangatas Silalahi. Terutama saat membahas APBD Kota Siantar. Baik di tingkat komisi, maupun pada rapat gabungan komisi dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Siantar.

Beranjak dari hal seperi itu, Midian Sianturi pun sangat mengenal sosok Mangatas Silalahi. Apalagi Mangatas sempat dua periode (10 tahun) sebagai Pimpinan DPRD Siantar.

Menurut Midian, Mangatas merupakan sosok yang ramah dan tidak sombong, meski kursinya berada di atas saat memimpin rapat pembahasan anggaran maupun saat sidang paripurna. “Termasuk sama pegawai, dia selalu ramah,” sebut Midian, Rabu 2 September 2024.

Bahkan dia merupakan anggota dewan yang sangat menguasai ketentuan peraturan perundang-undangan. Sehingga ia menjadi teman yang baik untuk diskusi di masa pembahasan antara eksekutif dan legislatif berlangsung.

Ditambah sosoknya yang bijaksana, membuat Mangatas tidak pernah marah berlebihan, tanpa menanggalkan sikap kritis terhadap program anggaran yang ia nilai perlu perbaikan.

Bagikan :