Polres Pematangsiantar Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ketupat Toba 2024

Bagikan :

Siantar-Kliktodaynews.com|| Polres Pematangsiantar melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Toba 2024 dalam rangka pengamanan mudik dan Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H Tahun 2024.

Kapolres Pematangsiantar AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK yang  bertindak selaku pimpinan apel membacakan amanat Kapolri.

“Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari Raya Idul Fitri 1445 H,” tegas Yogen.

Yogen menambahkan, berdasarkan survei Indikator, kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 mencapai 89,5% atau meningkat 15,7% dibanding tahun 2022. Hal ini merupakan wujud apresiasi masyarakat atas kerja keras bersama yang harus dipertahankan dan ditingkatkan dalam pengamanan arus mudik dan balik tahun ini.

“Berdasarkan survei Kemenhub RI, potensi pergerakan masyarakat pada Natal 2023 dan 3 Tahun Baru 2024 diperkirakan mencapai 107,63 juta orang, meningkat sebesar 143.65% atau 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya Selain itu, perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi,” sebut Kapolres.

Berkaitan hal tersebut, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa ”Mudik tahun ini adalah mudik 3 yang akan sangat besar sekali, kenaikannya 56 persen dibanding tahun yang lalu. Total yang akan mudik 190 juta pemudik tahun ini kurang lebih, ini dari survei.

Baca Juga :  Punguan Pomparan OPPU Raja Aruan Kota Pematang Siantar dan Sekitarnya akan melaksanakan Bona Tahun

Kapolres mengimbau dan mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal.

Masih Kapolres, TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 s.d. 16 April 2024. Operasi ini telah diawali KRYD tanggal 28 Maret s.d. 3 April 2024 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 17 s.d. 23 April 2024

Dalam operasi ini, telah dipersiapkan 5.784 pos, yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu, dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian. Tentunya, pos-pos yang digelar harus mampu memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal.

Disamping kamseltibcar lantas dan gangguan kamtibmas, stabilitas harga dan ketersediaan bapokting serta BBM harus tetap terjaga. Tingkatkan koordinasi dan lakukan langkah-langkah bersama dengan stakeholder terkait, sehingga stok dan harga dapat tetap terjaga.

Berbagai upaya tersebut diharapkan dapat berjalan optimal, sehingga masyarakat dapat merasakan “mudik aman, ceria, penuh makna”. Diharapkan momentum hari raya Idul Fitri ini dapat menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi, persatuan, dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat. Sinergisitas seluruh stakeholder terkait merupakan kunci utama untuk mengulangi keberhasilan pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun lalu

Baca Juga :  Rumah Penerima PKH dan BPNT Kota Pematangsiantar Akan Ditempel Stiker

“Atas nama Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, saya mengucapkan “Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H” kepada seluruh umat Islam yang merayakan. Semoga kita mampu mendapatkan ampunan dan menyambut hari kemenangan dengan hati yang suci,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu Kapolres menyampaikan dalam pelaksanaan ops ketupat toba 2024 Polres Pematangsiantar telah mendirikan 3 Pos pelayanan dan 4 Pos pengamanan dengan melibatkan Personil sebanyak 304 Personil dengan penempatan personil di 4 pos pam dan 3 pos yan sebanyak sebanyak 95 Personil ,penggal jalan di 15 titik sebanyak 190 personil dan untuk tim pencet sebanyak 15 personil polres pematangsiantar ditambah dari stakeholder yang lain

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Pematangsiantar Dr Susanti Dewayani ,SP,A,Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Slamet Faojan,Wakapolres Kompol Ahmad Wahyudi,PJU Polres Pematang Siantar,Mewakili Danrindam 1/BB,Danki 2 B Yon /B AKP Rony Sarko ,S.H.M.H,Dandenpom 1/I Pematangsiantar,Mewakili ketua PN,Mewakili Kajari,

Barisan Denpom I/I Kota Pematang Siantar,Barisan Kodim 0207/Simalungun,Barisan Brimob Kompi II Batalyon B Brimob Polda Sumut,Barisan gabunganPolres Pematang Siantar,Barisan Dishub Kota Pematang Siantar,Barisan Sat Pol PP Kota Pematang Siantar,Barisan BPBD Kota Pematang Siantar,Barisan Relawan Bankom Garuda,mitra kamtibmas Pematang Siantar,Tamu Dan Undangan Lainnya. (Wk/KTN)

Bagikan :