Perumda Tirta Uli Sosialisasi RDS dan WTP Bersama LPM USI

Direktur Utama Perumda Tirta Uli Ir. Zulkifli Lubis, MT, menyampaikan kata sambutan dalam kegiatan RDS dan WTP Bersama LPM USI
Bagikan :

SIANTAR – Kliktodaynews.com|| Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Uli Kota Pematang Siantar gelar Sosialisasi hasil kegiatan Survey permintaan riil dan kesediaan untuk membayar Tarif Perumda Tirta Uli Kota Pematang Siantar (Real Demand Survey dan Willingnes to Pay) yang dilakukan oleh Tim Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Simalungun.

Sosialisasi yang mengundang mahasiswa, tokoh masyarakat dan jurnalis dilaksanakan di Convention Hall LT II Siantar Hotel. Pematang Siantar. Senin(20/2/2023)

Walikota dr. Susanti Dewayani, Sp.A, diwakili oleh Asissten III Drs. Pardamean Silaen, M.Si menyampaikan sangat mendukung kegiatan sosialisasi RDS dan WTP Perumda Tirta Uli Pematang Siantar.

‘Perumda Tirta Uli diharapkan terus memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat kota Pematang Siantar,  dan ikut serta dalam menciptakan Siantar , sehat, sejahtera  dan berkualitas,” sebut Pardamean Silaen, Senin(20/2/2023).

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Tirta Uli Ir. Zulkifli Lubis, MT, menyampaikan sosialisai ini bertujuan  Real Demand Survey (RDS)  dan kelayakan tarif Perumda Tirta Uli adalah mengetahui kedudukan tarif air dan faktor yang mempengaruhinya.

  1. Peraturan yang mengatur tarif air
  2. Pendapatan dan keuangan perumda Tirta Uli
  3. Kemampuan dan kemauan masyarakat untuk membayar rekening air
  4. Tingkat pelayanan dan masukan para pelanggan air.

Zulkifli menambahkan, mengacu Permendagri No.71 tahun 2016 tentang tarif air minum mengatakan tarif air harus Full Cost Recovery (FCR) yang artinya seluruh biaya yang timbul harus dapat ditopang oleh tarif air ditambah keuntungan 10 % dari aset. Hal ini seharusnya dilakukan untuk menjamin Perumda air minum dapat terus berkembang dan dapat terus meningkatkan pelayanannya.

Ketua TIM Survey LPM USI DR. Anggiat Sinurat, M.Si, mengatakan tujuan survey ini dilakukan untuk mengatahui RDS Masyarakat di Kota Pematang Siantar baik pelanggan maupun Non pelanggan air minum, dan mengetahui tingkat Willingness to Pay (WTP) dan kemampuan Ability to Pay (APT) RT masyarakat sebagai pelanggan air minum.

Survey RDS & WTP ini dilaksanakan sesuai dengan Permendagri Nomor 71 Tahun 2016 dan Permendagri Nomor 21 Tahun 2020 dimana terkait tarif dapat dilakukan peninjauan serta menetapkan tarif baru dengan memperhatikan kemampuan pelanggan.

Survey menggunakan Random Sampling dengan tabel Krejcie Morgan dengan jumlah populasi pelanggan 70.558 Rumah Tangga(RT), dengan hasil survey terhadap 381 pelanggan meliputi pendidikan pelanggan, pendapatan pelanggan, jumlah anggota keluarga dan kepuasan pelanggan. dengan jumlah penduduk 279.100 penduduk. (TIM/KTN)

Bagikan :