KPU Pematangsiantar Tetapkan Almarhum Asner Silalahi Walikota Terpilih

KPU Tetapkan Walikota-Wakil Walikota Terpilih Kota Siantar
KPU Tetapkan Walikota-Wakil Walikota Terpilih Kota Siantar
Bagikan :

Susanti Dewayani: “Saya Akan Lanjutkan Cita-cita kami berdua”

Pematangsiantar – Kliktodaynews.com Walikota terpilih Kota Pematangsiantar Ir Asner Silalahi telah meninggal dunia minggu lalu. Meski begitu, cita-cita, visi dan misinya membangun Kota Pematangsiantar diharapkan dapat terwujud.

Harapan itu disampaikan Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus SE MM, dalam sambutannya saat Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Terpilih dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar Tahun 2020, yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar, di Hotel Sapadia, Kamis (21/1/2021) sekira pukul 14.30 WIB. Dalam rapat tersebut, KPU Kota Pematangsiantar menetapkan Ir Asner Silalahi MT–dr Susanti Dewayani SpA sebagai Walikota dan Wakil Walikota terpilih dalam Pilkada 2020.

“Kita masih dalam suasana berkabung atas meninggalnya walikota terpilih Bapak Asner Silalahi. Semoga apa yang dicita-citakan oleh almarhum dapat diwujudkan demi kemajuan Kota Pematangsiantar ke depannya,” sebut Togar.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Pematangsiantar Daniel Manompang Dolok Sibarani dalam sambutannya mengucapkan puji dan syukur bisa melalui rangkaian tahapan pemilihan dengan baik.

“Kami ucapkan selamat dan izinkan kami juga mengucapkan ucapan turut berduka cita atas meninggalnya walikota terpilih Ir Asner Silalahi MT,” kata Daniel.

Baca Juga :  Dugaan Kontrak Palsu Pembelian Angsuran Sepeda Motor Dilakukan 2 Oknum Pegawai FIF Group


Daniel juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar yang memberikan dukungan kepada KPU untuk bisa menjalankan tahapan dengan baik.

“Ucapan terima kasih untuk TNI, Polri, Kejaksaan, PN, seluruh parpol, dan semua pihak. Soal perbedaan pendapat itu adalah proses demokrasi. Mari kita bersatu untuk Kota Pematangsiantar lebih baik lagi ke depannya,” sebut Daniel.

Sebelumnya, Komisioner KPU Kota Pematangsiantar Gina Ruth Fefiliana Ginting membacakan berita acara Penetapan Pasangan Walikota dan Wakil Walikota Terpilih dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar Tahun 2020. Disebutkannya, berdasarkan Keputusan KPU sesuai berita acara Surat Mahkamah Konstitusi (MK) perihal perkara gugatan yang ditangani, penetapan pasangan calon terpilih tahun 2020, kutipan akta kematian yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pematangsiantar yang diterbitkan 18 Januari 2021, maka KPU Pematangsiantar menetapkan Ir Asner Silalahi MT dan dr Susanti Dewayani SpA sebagai walikota dan wakil walikota terpilih.

Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota terpilih Susanti Dewayani menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Asner Silalahi yang menjadi pasangannya pada Pilkada Pematangsiantar.

“Walaupun Bapak Asner Silalahi telah meninggalkan kita semua, namun visi dan misi beliau akan selalu saya ingat. Saya akan lanjutkan cita-cita kami berdua,” ujarnya.
Baca Juga :  Generasi Muda Nahdlatul Ulama(GMNU) Melakukan Aksi Simpatik Mendukung Kapolda Sumut


Masih kata Susanti, perjuangan selama 18 bulan mendampingi Asner, tidak akan pernah sia-sia. Sebab dalam perjalanan mereka, Asner memiliki tekad untuk memajukan Kota Pematangsiantar.

“Kami berkeliling melakukan sosialisasi dan sekarang waktunya saya melanjutkan apa yang menjadi tujuan kami sebelumnya,” tukas Susanti.

Ia juga mengharapkan kerja sama dan soliditas antara Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) demi Kota Pematangsiantar yang sejahtera.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Wakapolres Pematangsiantar, Dandim 0207/Simalungun, perwakilan Kejaksaan Negeri (Kejari), perwakilan Pengadilan Negeri (PN), Komisioner KPU Provinsi Sumatera Utara, perwakilan partai politik, serta Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). Juga keluarga almarhum Asner Silalahi, termasuk putra sulungnya Sondi Victor Silalahi, adik, dan iparnya.

Acara Penetapan Walikota dan Wakil Walikota Terpilih ditandatangani Komisioner KPU Pematangsiantar, yakni Djafar Siddik Saragih, Christian, Gina Ruth Fefiliana Ginting, dan Nurbaiyah Siregar. Serta ditandai penyerahan Surat Keputusan KPU Kota Pematangsiantar kepada DPRD, gabungan partai politik pengusung, KPU RI diwakili KPU Provinsi Sumatra Utara, dan terakhir kepada pasangan Walikota dan Wakil Walikota terpilih, yakni Sondi Silalahi mewakili Asner Silalahi dan Susanti Dewayani. (*)

Bagikan :